Kawasaki Heavy Industries akan menguji rudal antikapal barunya yang berjangkauan 2.500 km pada 2027

Rudal Antikapal Kawasaki New SSMJGSDF

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan Jepang, Kawasaki Heavy Industries, akan melakukan uji coba peluncuran rudal antikapal barunya yang disebut New SSM (New Surface-to-Surface Missile) pada tahun 2027.

Perusahaan mengatakan hal itu pada 17 Oktober 2024 di Pameran Dirgantara Internasional di Tokyo.

New SSM merupakan sistem rudal jelajah jarak jauh yang dirancang untuk menyerang dari jarak aman, di luar jangkauan sistem pertahanan musuh.

Rudal tersebut akan dilengkapi dengan mesin turbofan yang dikembangkan secara khusus oleh Kawasaki, yaitu KJ300.

Mesin berdimensi panjang 95 cm dan berat 90 kg ini menghasilkan daya dorong 365 kgf dan menghasilkan kecepatan subsonik mendekati kecepatan suara.

Dengan jangkauan mencapai hingga 2.500 km, rudal ini mampu untuk menyerang target strategis jauh di dalam China, saat diluncurkan dari wilayah barat Jepang.

Selain jangkauannya yang jauh, Kawasaki menekankan penampang radar (RCS) rudal yang rendah, kemampuan manuver yang ditingkatkan, dan kemampuan bertahan di medan perang.

Rudal New SSM juga dapat diluncurkan dari berbagai platform, termasuk kendaraan darat, kapal, dan pesawat, yang menawarkan penyebaran yang fleksibel di berbagai cabang militer.

Sebelumnya pada Juni 2023, Kementerian Pertahanan Jepang menandatangani kontrak penelitian selama lima tahun dengan Kawasaki Heavy Industries senilai 339 miliar yen (2,3 miliar dolar AS) untuk pengembangan rudal ini. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *