Militer Ukraina menerima sejumlah Novator-2 baru buatan Ukrarmor, dilengkapi perangkat antidrone kamikaze

Novator-2 APCVia Telegram

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Bersenjata Ukraina baru-baru ini menerima sejumlah kendaraan pengangkut personel lapis baja (APC) Novator-2 produksi dalam negeri.

Informasi ini dibagikan oleh Brigade Operasi Khusus ke-12 Azov dari Garda Nasional Ukraina melalui saluran Telegram.

Menariknya, batch baru Novator-2 ini telah dilengkapi perangkat khusus untuk penanggulangan terhadap drone FPV bersenjata atau drone kamikaze.

Dikembangkan oleh perusahaan Ukraina Ukrarmor, Novator-2 dirancang berdasarkan masukan dari pasukan dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan khusus Garda Nasional.

Pada bulan Juli 2024, Ukrarmor mulai mengirimkan seri pertama kendaraan Novator-2 yang dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik (EW).

Sebulan kemudian, sejumlah tambahan dialokasikan ke unit-unit yang ditempatkan di dekat Kursk di Rusia, yang menunjukkan kemampuan Ukrarmor untuk memenuhi kebutuhan militer yang mendesak.

Sebagai APC, Novator-2 dapat mengangkut hingga 10 personel dan membawa muatan hingga 1.845 kg.

Dibuat berdasarkan sasis Ford F-550, dengan penggerak berupa mesin diesel Ford V8 Super 7.000 cc, yang menghasilkan 300 ps.

Kendaraan dapat melaju dengan kecepatan tertinggi 140 km/jam dan memiliki jangkauan operasional 500 km.

Novator-2 ini telah teruji dalam kondisi pertempuran. Brigade Azov melaporkan sebuah insiden di mana kendaraan tersebut berhasil menahan ledakan di dekatnya, sehingga memungkinkannya untuk melanjutkan misinya dengan kerusakan minimal. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *