Terkonfirmasi penghancuran Challenger 2 Ukraina di wilayah Kursk oleh pasukan Rusia, turret terpisah dari badan tank

Tank Challenger2 Ukraina dihancurkan pasukan Rusia di KurskVia Telegram

AIRSPACE REVIEW – Beredar gambar-gambar yang jernih mengenai turret tank tempur utama Challenger 2 milik pasukan Ukraina yang terpisah dari badannya.

Foto yang terkonfirmasi ini diambil dari wilayah Kursk Rusia, namun tak disebutkan kapan waktu kejadian ini diambil.

Seperti diketahui, pasukan Ukraina telah menggelar operasi militer paling berani sepanjang Perang Rusia-Ukraina berlangsung dengan menginvasi kawasan Kursk pada 11 Agustus 2024.

Disokong kendaraan lapis baja Stryker dari AS dan tank Challenger 2 dari Inggris, kala itu pasukan Ukraina mampu menguasai sekitar 80 area di Kursk, termasuk di antaranya kota perbatasan Sudzha.

Keberadaan tank Challenger 2 di palagan Kursk ini juga telah diakui Kementerian Pertahanan Inggris dengan mengonfirmasinya pada 15 Agustus 2024.

Tank tersebut dioperasikan oleh Brigade Serangan Udara ke-82 Ukraina, satu-satunya operator dari 14 tank Challenger 2 yang disumbangkan oleh Inggris pada tahun 2023 lalu.

Mengenai Challenger 2, adalah salah satu tank tempur utama Barat tercanggih di dunia.

Salah satu kekuatan utama Challenger 2 adalah perlindungan lapis bajanya yang luar biasa. Tank ini dilengkapi dengan lapis baja chobham generasi kedua, yang juga dikenal sebagai “Dorchester.”

Lapis baja komposit canggih ini efektivitas menangani rudal berpemandu antitank (ATGM) modern dan persenjataan canggih lainnya, menjadikan Challenger 2 salah satu tank paling tangguh di medan perang.

Daya tembak Challenger 2 merupakan keunggulan signifikan lainnya. Tank ini dipersenjatai dengan senapan laras halus L30A1 kaliber 120 mm.

Kanonnya dapat menembakkan berbagai jenis amunisi, termasuk peluru kepala squash berdaya ledak tinggi (HESH) dan peluru sabot penembus lapis baja yang distabilkan oleh sirip (APFSDS).

Fleksibilitas ini, dikombinasikan dengan sistem kendali tembakan tank yang canggih, termasuk pengintai jarak laser dan alat pencitraan termal, memastikan penargetan dan serangan yang tepat pada jarak jauh, siang atau malam.

Kementerian Pertahanan Rusia sendiri mengindikasikan bahwa dua tank Challenger 2 telah hancur di palagan Kursk, menandai kerugian pertama yang dikonfirmasi dari tank yang dipasok Inggris tersebut. (RBS)

One Reply to “Terkonfirmasi penghancuran Challenger 2 Ukraina di wilayah Kursk oleh pasukan Rusia, turret terpisah dari badan tank”

  1. The first turret ejection technology made by british has been detected! Russia, you are not the only one who mastered the technology! You have competitor now!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *