Sokong Rusia, Korea Utara kirim ribuan pasukan untuk membantu berperang melawan Ukraina

Kim Jong-unKCNA

AIRSPACE REVIEW – Laporan terbaru mengabarkan bila ribuan tentara Korea Utara saat ini sedang berlatih di Rusia dan dapat dikerahkan untuk bertempur ke Ukraina pada akhir tahun ini.

Informasi ini berasal dari intelijen Korea Selatan yang diikutip oleh Washington Post. Keadaan ini menimbulkan kekhawatiran di antara Ukraina dan sekutu Baratnya.

Pada bulan Juli, intelijen Korea Selatan melaporkan bahwa Pyongyang berencana untuk mengirim unit militer, yang awalnya ditugaskan untuk membantu membangun kembali kota-kota yang hancur di wilayah yang dikuasai Rusia.

Namun, informasi terkini menunjukkan keterlibatan langsung tentara Korea Utara dalam konflik tersebut.

Sementara itu, sumber intelijen militer Ukraina mengatakan kepada Washington Post bahwa ribuan prajurit infanteri Korea Utara saat ini tengah berlatih di Rusia dan diperkirakan akan dikerahkan ke Ukraina pada akhir tahun.

Menurut sumber yang sama, perwira Korea Utara sudah berada di wilayah pendudukan, mengamati pasukan Rusia dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kondisi medan perang.

Mereka juga diduga membantu mengoperasikan peralatan militer Korea Utara yang dipasok ke Rusia.

Badan intelijen Ukraina kini sedang menilai dampak potensial dari pengerahan pasukan Korea Utara ini.

Dikatakan bahwa Jika pasukan ini ditempatkan di sepanjang wilayah perbatasan Rusia, pasukan Rusia dapat memindahkan pasukan dari wilayah ini ke garis depan di Ukraina.

Pergeseran semacam itu dapat berdampak signifikan pada konflik, terutama dengan meningkatkan tekanan pada pasukan Ukraina yang sudah terbebani.

Sebelum mengirimkan pasukan, Korea Utara telah memasok amunisi artileri medan dan rudal permukaan ke permukaan jarak dekat ke Rusia untuk digunakan dalam palagan di Ukraina. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *