Militer Rusia telah menyelesaikan rekonstruksi dinding dermaga kapal selam nuklir

Borei classTASS

AIRSPACE REVIEW – Militer Rusia telah menyelesaikan rekonstruksi dinding dermaga untuk kapal selam nuklir kelas Borei dan Borei-A di fasilitas Armada Utara.

Hal itu dilaporkan oleh Komandan Pasukan Kapal Selam Armada Utara Rusia Laksamana Madya Anatoly Kovalenko kepada Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Belousov baru-baru ini.

“Panglima pasukan kapal selam Armada Utara Rusia, Laksamana Madya Anatoly Kovalenko, melaporkan kepada menteri pertahanan Rusia di pangkalan kapal selam bertenaga nuklir kelas Borei dan Borei-A bahwa rekonstruksi skala besar dinding dermaga untuk kapal selam nuklir Proyek 955 telah selesai,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia dalam rilisnya.

Dikatakan bahwa fasilitas infrastruktur yang telah ditingkatkan mampu menyediakan pasokan energi, komunikasi, udara, dan air yang diperlukan bagi kapal selam nuklir.

Hal ini sekaligus memungkinkan pengurangan signifikan keausan mekanisme kapal selama berada di pangkalan, lanjut pernyataan tersebut.

Dilaporkan pula bahwa Armada Utara Rusia melanjutkan pekerjaan rutin untuk mengganti kapal selam generasi ketiga dengan kapal selam generasi keempat.

Kapal selam kelas Borei adalah kapal angkatan laut bawah air generasi keempat Rusia. Kapal ini mampu membawa hingga 16 rudal balistik antarbenua RSM-56 Bulava (NATO SS-NX-30) dengan jangkauan hingga 9.000 km (5.600 mil).

Saat ini, Angkatan Laut Rusia memiliki total enam kapal selam, termasuk Yury Dolgoruky, Alexander Nevsky, Vladimir Monomakh, Prince Vladimir, Prince Oleg, dan Generalissimo Suvorov.

Satu lagi kapal selam kelas Borei akan memasuki layanan dengan Armada Pasifik Rusia sebelum akhir tahun 2024. Sementara tiga kapal lainnya masih dalam pembangunan.

kapal selam kelas Borei pertama yang diterima Angkatan Laut Rusia adalah Yury Dolgorukiy (K-535) oleh Armada Utara Rusia pada Januari 2013.

Setelah Yury Dolgorukiy kapal selam berikutnya yang diterima adalah Alexander Nevsky (K-550) pada Desember 2013.

Setelah itu menyusul Vladimir Monomakh (K-551) pada Desember 2014.

Knyaz Vladimir (K-549) merupakan Project 955A pertama. Setelah ini menyusul Knyaz Oleg.

Berikutnya adalah Generalissimus Suvorov . Sementara Imperator Alexandr III (masih dalam pembuatan), Knyaz Pozharskiy (masih dalam pembuatan), serta Dmitry Donskoy, dan Knyaz Potyómkin yang telah dipesan.

Kapal selam Knyaz Potyómkin akan diterima pada tahun 2027.(RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *