Polandia mendapatkan pinjaman 3 miliar USD dari AS untuk pembelian 96 helikopter serang canggih AH-64E Apache dan paket persenjataannya

AH-64EBoeing

AIRSPACE REVIEW – Dalam upaya memodernisasi militernya, Polandia telah mengamankan pinjaman Foreign Military Financing (FMF) sebesar 3,08 miliar dolar AS dari Amerika Serikat.

Kementerian Pertahanan Nasional Polandia pada 1 Oktober 2024 mengatakan, pendanaan ini menggarisbawahi kemitraan pertahanan yang semakin mendalam antara Warsawa dan Washington.

Pinjaman tersebut terutama akan digunakan untuk mendukung pengadaan helikopter serang Boeing AH-64E Apache.

Perjanjian ini menandai pinjaman FMF ketiga yang diterima Polandia dalam beberapa bulan terakhir, menyusul pinjaman sebelumnya yang diperoleh pada 1 Juli 2024.

Secara keseluruhan, total bantuan keuangan yang didukung AS untuk militer Polandia menjadi 7,08 miliar dolar AS.

Sementara, kontrak untuk helikopter AH-64E Apache telah ditandatangani pada 13 Agustus 2024.

Pinjaman yang baru dijamin ini diharapkan dapat mempercepat pengiriman dan integrasi helikopter serang canggih ini ke Angkatan Bersenjata Polandia.

Dikenal karena sistem penargetan dan kemampuan tempurnya yang canggih, Apache akan menyelaraskan kemampuan militer Polandia lebih dekat dengan kemampuan sekutu NATO lainnya.

Menurut pemberitahuan Departemen Luar Negeri AS kepada Kongres, paket komprehensif tersebut mencakup serangkaian peralatan dan persenjataan canggih yang dirancang untuk memperkuat kemampuan militer Polandia.

Ini termasuk 37 radar pengendali tembakan AN/APG-78 Longbow, yang penting untuk meningkatkan presisi penargetan helikopter Apache.

Serta 96 Radar Frequency Interferometer (MRFI) AN/APR-48B yang dimodernisasi, meningkatkan kemampuan peperangan elektronik dan deteksi ancaman helikopter.

Polandia juga akan memperoleh 1.844 rudal antitank AGM-114R2 Hellfire, dan 460 rudal udara ke darat AGM-179A, lalu 508 rudal udara ke udara FIM-92K Stinger.

Selain itu, kesepakatan ini mencakup beberapa ribu roket berpemandu APKWS (Advanced Precision Kill Weapon System), yang mengubah roket tanpa pemandu standar menjadi amunisi presisi tinggi.

Selain persenjataan, Polandia telah disetujui untuk menerima paket dukungan logistik dan pelatihan yang komprehensif, yang akan meningkatkan kesiapan operasional dan keberlanjutan armada barunya.

Pengadaan total 96 helikopter AH-64E Apache akan meningkatkan kemampuan Angkatan Udara Polandia secara signifikan, dan menjadi yang terkuat di daratan Eropa. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *