Damen mulai membangun kapal serbaguna canggih untuk Angkatan Laut Portugis, kapal akan diserahkan pada 2026

NRP Dom João IlDamen

AIRSPACE REVIEW – Pemotongan baja dan peletakan lunas pertama untuk kapal serbaguna pesanan Angkatan Laut Portugis telah dilakukan oleh Damen Shipyards Group pada 3 Oktober 2024.

Dilaksanakan dari Damen Shipyards Galati di Rumania, seremoni dihadiri oleh Menteri Pertahanan Nasional Portugis Nuno Melo dan Kepala Staf Angkatan Laut Portugis Laksamana Gouveia e Melo.

Kontrak untuk kapal tersebut telah ditandatangani pada bulan November 2022, difasilitasi oleh pendanaan dari Fasilitas Pemulihan dan Ketahanan (RRF) Uni Eropa.

Kapal serbaguna yang diberi nama NRP Dom João Il ini akan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk mendukung operasi udara, permukaan, dan bawah air tanpa awak.

Dirancang bekerja sama dengan Angkatan Laut Portugal, kapal NRP Dom João ll akan melayani berbagai keperluan, termasuk penelitian ilmiah, bantuan bencana, dan keselamatan maritim.

Damen mengantisipasi penyelesaian kapal tersebut pada tahun 2026, yang selanjutnya akan memperkuat kapasitas operasional Angkatan Laut Portugis.

Saat ini, Angkatan Laut Portugis tengah menjalani upaya modernisasi signifikan yang difokuskan pada peningkatan kemampuan operasionalnya melalui pembaruan dan perluasan armadanya.

Selain kapal serbaguna NRP Dom João ll, enam kapal patroli lepas pantai (OPV) kelas Viana do Castelo juga akan melengkapi Angkatan Laut Portugis. Pembangunannya direncanakan akan selesai antara tahun 2027 dan 2030. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *