KNDS Prancis tawarkan 370 kendaraan tempur infanteri VBCI untuk Angkatan Darat Yunani

VBCI-2 PhiloctetesIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Kementerian Pertahanan Nasional Yunani mengumumkan bahwa perwakilan dari KNDS Prancis (dulu Nexter Systems) telah mempresentasikan kendaraan tempur infanteri (IFV) buatannya VBCI-2 Philoctetes kepada Staf Umum Angkatan Darat Yunani (GES) pada 25 September 2024.

Proposal tersebut adalah tawaran untuk pengiriman 200 unit VBCI-2 baru, 50 VBCI-2 dalam konfigurasi pendukung seperti medis, observasi artileri, dan peran komando.

KNDS juga menawarkan 120 VBCI bekas dari Angkatan Darat Prancis untuk pengiriman cepat.

Penawaran tersebut melibatkan partisipasi industri Yunani dalam produksi dan pemeliharaan, dengan 200 kendaraan baru, 50 varian pendukung khusus, dan 120 unit bekas yang sedang dipertimbangkan.

VBCI-2 Philoctetes yang diusulkan untuk Yunani dilengkapi dengan kanon CTA 40 mm, dua peluncur rudal antitank Akeron-MP, serta dilengkapi sistem penglihatan canggih dan sistem pengendalian tembakan.

Philoctetes merupakan versi terbaru dari VBCI yang saat ini digunakan oleh Angkatan Darat Prancis. Pasukan telah memperoleh 630 unit, termasuk 510 kendaraan tempur infanteri dan 120 varian komando.

Panser 8X8 ini dapat membawa dua awak (pengemudi dan komandan) berserta sembilan prajurit bersenjata. Memiliki kapasitas muatan 13 ton dan bobot tempur 31 ton. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *