Zelensky: Ukraina mampu memproduksi 4 juta drone per tahun

Drone UkrainaIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan bahwa Ukraina kini mampu memproduksi hingga 4 juta drone setiap tahunnya.

Hal itu diungkapkannya saat pembukaan Forum Industri Pertahanan Internasional kedua baru-baru ini.

Zelensky juga mencatat bahwa produksi amunisi artileri dalam negeri juga telah meningkat secara signifikan, mencapai level 25 kali lebih tinggi dari tahun sebelumnya selama paruh pertama tahun 2024.

Peningkatan kapasitas produksi drone ini, khususnya dengan pengembangan drone/rudal jarak jauh Palyanytsia, merupakan fase baru dalam persenjataan militer Ukraina.

Secara paralel, kerja sama antara Ukraina dan perusahaan-perusahaan internasional semakin intensif dilakukan. Seperti dengan perusahaan Amerika Serikat AeroVironment, telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan Ukraina untuk produksi lokal amunisi berkeliaran Switchblade 600.

Proyek ini melibatkan kerja sama bertahap, dimulai dengan pengiriman komponen subsistem, diikuti dengan peningkatan lokalisasi produksi di Ukraina.

Inisiatif ini, yang masih memerlukan persetujuan pemerintah AS, dapat menghasilkan produksi beberapa ribu drone per tahun drone kamikaze di Ukraina.

Dengan peningkatan dramatis dalam produksi drone kamikaze ini, Ukraina tidak hanya memperkuat kemampuan militernya tetapi juga memposisikan dirinya untuk ketahanan jangka panjang bertempur melawan Rusia. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *