Ukraina kembali akan menerima kendaraan tempur M1117 dari Amerika Serikat, kali ini sebanyak 150 unit

M1117US DoD

AIRSPACE REVIEW – Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan paket bantuan militer baru untuk Ukraina sebesar 375 juta dolar AS, atau hampir dua kali lipat dari pengiriman sebelumnya.

Pengumuman tersebut dibuat pada 25 September 2024, bersamaan dengan deklarasi bersama yang ditandatangani oleh Presiden Joe Biden dan para pemimpin dunia lainnya.

Mereka juga menjanjikan dukungan berkelanjutan untuk rekonstruksi dan pemulihan Ukraina.

Pada paket baru ini mencakup 150 unit kendaraan tempur (ranpur) M1117, amunisi artileri, sistem pertahanan udara, rudal antitank, dan peralatan penting lainnya.

Khusus mengenai M1117 merupakan kendaraan lapis baja ringan serbaguna. Kendaraan ini Terdiri dari beberapa varian, di antaranya adalah versi angkut pasukan (APC), intai, dan patroli.

Varian APC M1117 dapat menampung dua awak dan delapan pasukan bersenjata.

Untuk persenjataannya, M1117 dapat dilengkapi dengan peluncur granat otomatis 40 mm, senapan mesin 7,62 mm atau senapan mesin berat 12,7 mm.

Kendaraan ini dilengkapi dengan lapis baja yang tangguh, melindungi awaknya dari tembakan senjata kaliber ringan, ranjau antitank di bawah roda mana pun, dan pecahan munisi artileri dari atas.

Dimensinya yang kompak, membuat M1117 dapat beroperasi dan bergerak lincah di segala medan tempur termasuk di hutan, gurun, hingga perkotaan.

Dengan tangki penuh solar, M1117 dapat menempuh jarak hingga 710 km. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *