Roketsan kembangkan rudal hipersonik berbasis SRBM Tayfun, berkecepatan 5,5 Mach

Tayfun SRBM rudal balistik hipersonik TurkiyeRoketsan

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan pertahanan Turkiye, Roketsan, telah memulai pengembangan dan pengujian varian hipersonik dari Rudal Balistik Jarak Pendek (SRBM) Tayfun.

Menurut informasi yang dipublikasikan oleh akun X TurkishFacts4u (24/9), varian rudal hipersonik baru ini dapat mencapai kecepatan 5,5 Mach.

Rudal Tayfun, dalam konfigurasi SRBM standarnya, berkemampuan serangan presisi dalam jarak pendek, antara 300 dan 1.000 km.

Dengan varian hipersonik baru, rudal baru tersebut diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan meningkatkan jangkauan serta daya mematikannya.

Roketsan sendiri masih merahasiakan spesifikasi terperinci mengenai jangkauan operasional rudal, kapasitas muatan, atau fitur canggih apa pun seperti kemampuan manuvernya.

Keberhasilan Turkiye dalam mengembangkan rudal berkecepatan hipersonik, menjadikannya bergabung dengan sedikit negara yang menguasai teknologi ini.

Saat ini, perusahaan Roketsan telah menjadi landasan kemajuan teknologi rudal Turkiye.

Didirikan pada tahun 1988, Roketsan telah memproduksi berbagai macam rudal untuk aplikasi udara, darat, dan laut dan berperan penting dalam mendorong Turkiye menuju kemandirian dalam teknologi pertahanan.

Pencapaian terbaru dengan varian hipersonik Tayfun SRBM ini menunjukkan kecakapan Roketsan yang semakin meningkat dalam pengembangan senjata berteknologi tinggi. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *