Terungkap, kendaraan tempur ZFB-05 Xinxing China digunakan pasukan Rusia di Ukraina

ZFB-05 Xinxing China digunakan pasukan Rusia di UkrainaTelegram

AIRSPACE REVIEW – Untuk pertama kalinya kendaraan lapis baja ringan ZFB-05 Xinxing buatan China, telah terlihat di medan perang Ukraina.

Kendaraan yang juga dikenal sebagai Tiger ini, tampak digunakan oleh pasukan Rusia di medan perang yang diketahui wilayahnya.

Gambar yang beredar di media sosial Rusia menunjukkan kendaraan Tiger telah dilengkapi dengan berbagai modifikasi.khusus medan perang.

Terdapat juga perlindungan antidrone untuk kap mesin, pelindung kaca depan yang dapat dilipat, perisai samping, dan kubah senjata yang diperkuat.

ZFB-05 Xinxing, merupakan kendaraan lapis baja ringan serbaguna yang diproduksi oleh Shaanxi Baoji Special Vehicles Manufacturing, China.

Mengenai keberadaan ZFB-05 Xinxing di tangan pasukan Rusia sebenarnya telah diungkapkan oleh Ramzan Kadyrov, pemimpin wilayah Chechnya Rusia.

Ramzan Kadyrov mengungkapkan pada Juni 2024 bahwa pasukan Rusia telah menerima gelombang pertama kendaraan lapis baja buatan China.

Dia merilis rekaman yang memperlihatkan kendaraan Tiger dikerahkan untuk digunakan oleh unit-unit Chechnya yang berpartisipasi dalam Operasi Militer Khusus Rusia di Ukraina.

Kehadiran ZFB-05 Xinxing ini secara tidak langsung menunjukkan dukungan China terhadap Rusia dalam perang melawan Ukraina.

China diketahui juga telah memasok drone FPV dan mesin drone kamikaze ke Rusia. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *