Iran kembali meluncurkan drone kamikaze baru Shahed-136B, berjangkauan 4.000 km dan berhulu ledak 50 kg

Shahed-136BVia X

AIRSPACE REVIEW – Industri persenjataan Iran kembali meluncurkan drone kamikaze baru, dari keluarga Shahed. Kali ini drone drone dinamai Shahed-136B dan diperlihatkan kepada publik dalam parade militer baru-baru ini di Teheran..

Drone baru ini tidak hanya memiliki peningkatan dalam hal ukuran, tetapi juga perubahan pada konfigurasinya.

Secara tampilan, Shahed-136B jauh berbeda dengan pendahulunya Shahed-136 yang bersayap delta. Shahed-136B menggunakan sayap konvensional dan dilengkapi dengan sirip ekor ganda.

Laporan menunjukkan bahwa drone ini diklaim memiliki jangkauan terbang hingga 4.000 km, durasi penerbangan sekitar 10 jam, dan berhulu ledak seberat 50 kg.

Namun, rincian penting lainnya, seperti kecepatan terbang, berat peluncuran, dan jenis mesin penggeraknya belum diungkapkan.

Sebelumnya, Iran juga telah meluncurkan drone kamikaze baru lainnya yakni Shahed-236 yang tampilannya tak berbeda jauh dengan Shahed-136.

Tetapi Shahed-236 memiliki bagian depan yang telah dimodifikasi dan dilengkapi sistem optik yang meningkatkan kemampuan akuisisi dan pemanduan targetnya.

Sepertinya halnya Shahed-136, drone Shahed-236 juga telah dikirimkan Iran ke Rusia.

Drone tersebut diperlihatkan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin saat kunjungannya ke Pusat Teknologi Khusus di Saint Petersburg pada 19 September. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *