Anggaran terbatas, Angkatan Udara AS merancang ulang program pesawat NGAD

Loyal wingman mendampingi NGADCollins Aerospace

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara AS (USAF) sedang mempertimbangkan kembali pendekatannya terhadap program pesawat tempur Dominasi Udara Generasi Berikutnya (NGAD).

Langkah tersebut untuk menurunkan biaya pengembangan pesawat sambil tetap mempertahankan superioritas udaranya.

Aviation Week & Space Technology melaporkan, NGAD awalnya direncanakan sebagai platform berbiaya tinggi dan berkemampuan tinggi.

Namun sekarang, terjadi perubahan desain yang untuk mengurangi harganya hingga di bawah harga F-35, menurut Sekretaris Angkatan Udara AS, Frank Kendall.

Berbicara di Konferensi Udara, Antariksa & Siber, Kendall menyarankan bahwa pemotongan biaya dapat melibatkan perubahan pada jangkauan, muatan, dan konfigurasi mesin pesawat tempur.

“Kami belum menetapkan angka atau ambang batas,” kata Kendall kepada wartawan.

Namun, ia mengindikasikan bahwa harga F-35 antara 80 juta hingga 100 juta dolar AS merupakan batas atas dari apa yang ingin dibelanjakan USAF. Ia menginginkan lebih rendah lagi dari itu.

Kendall mencatat bahwa bagian dari strategi pengurangan biaya ini dapat melibatkan pengintegrasian jet tempur tanpa awak dari program CCA (Collaborative Combat Aircraft) ke dalam konsep NGAD.

Mengalihkan fungsi misi tertentu ke sistem tanpa awak seperti CCA memungkinkan desain pesawat tempur yang lebih ramping dan hemat biaya.

Target harga untuk CCA sendiri diperkirakan sekitar 25 juta dolar AS, tetapi Kendall menekankan pentingnya mengelola biaya untuk menjaga keberlanjutan sistem.

Kebutuhan akan pesawat tempur yang lebih terjangkau muncul saat Angkatan Udara AS bergulat dengan kendala keuangan, serta ancaman yang terus berkembang dan pengembangan teknologi baru.

Kendall mengakui bahwa desain NGAD saat ini (yang telah dimulai beberapa tahun lalu), disesuaikan dengan misi dan serangkaian keadaan tertentu.

Mengingat bagaimana ancaman dan kemampuan telah berkembang, evaluasi baru terhadap program tersebut sedang berlangsung.

Ditambahkan bahwa persyaratan program NGAD tersebut ditetapkan dengan tujuan untuk menggantikan F-22 Raptor dan memberikan keunggulan udara di lingkungan yang diperebutkan.

Ia menekankan USAF harus bergerak cepat untuk menyelesaikan rencananya untuk NGAD, terutama karena keputusan perlu menginformasikan permintaan anggaran fiskal 2026, yang diharapkan dalam beberapa bulan.

Sementara kontrak NGAD awalnya yang diharapkan akan diberikan tahun 2024 ini, program tersebut saat ini ditunda untuk peninjauan lebih lanjut.

Sebuah komite khusus yang terdiri dari para pemimpin dan pakar senior Angkatan Udara AS telah dibentuk untuk meninjau program NGAD tersebut.

Panel ini mencakup mantan kepala staf seperti Jenderal David L. Goldfein, Jenderal John P. Jumper, dan Jenderal Norton A. Schwartz, dan lain-lain.

Mandat komite ini adalah untuk menilai evaluasi NGAD saat ini dan memastikan Angkatan Udara AS tidak mengabaikan elemen penting apa pun dalam analisisnya.

Jika Angkatan Udara AS menyimpulkan bahwa perubahan signifikan diperlukan, maka program NGAD dapat menghadapi proses memulai kembali yang panjang, termasuk perjalanan baru melalui Dewan Pengawasan Persyaratan Gabungan Pentagon dan tinjauan lebih lanjut oleh Kantor Manajemen dan Anggaran.

Masa depan NGAD memimasih belum pasti, tetapi hasil program ini akan sangat penting dalam menentukan kemampuan Angkatan Udara AS untuk mempertahankan keunggulan udara di lingkungan yang semakin diperebutkan di masa depan.

Sementara konsep awal NGAD difokuskan pada produksi pesawat tempur yang sangat canggih, pergeseran Angkatan Udara AS ke arah integrasi sistem tak berawak dan pengurangan biaya mencerminkan perubahan lanskap peperangan modern.

Kendall menegaskan bahwa superioritas udara tetap menjadi fungsi inti Angkatan Udara AS.

Saat ini USAF masih mengandalkan jet tempur dominasi udara F-22 Raptor. Sebanyak 195 unit F-22 telah diproduksi oleh Lockheed Martin (8 pesawat uji dan 187 pesawat versi produksi). Pesawat ini mulai berdinas di USAF sejak Desember 2005.(RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *