Pasukan Rusia siap gunakan drone intai ringkas Karakurt dari Kalashnikov

Drone KarakurtKalashnikov

AIRSPACE REVIEW – Kalashnikov Group, pemasok utama peralatan militer untuk Angkatan Bersenjata Rusia, telah mengumumkan drone Karakurt siap diintegrasikan ke pasukan Rusia.

Drone Karakurt saat ini dilaporkan sedang menjalani pengujian langsung di medan tempur Ukraina.

Berdasarkan umpan balik dari operator menunjukkan bahwa karakteristik taktis dan teknis drone Karakurt secara signifikan meningkatkan kesadaran situasional di medan perang, memungkinkan pengambilan keputusan cepat dalam skenario pertempuran, termasuk di Ukraina.

Karakurt adalah drone pengintai mini dirancang untuk pengawasan udara, yang mampu mengirimkan data secara waktu nyata.

Salah satu fiturnya yang paling luar biasa adalah kemampuan manuvernya dan kemampuannya untuk diluncurkan dari ruang terbatas oleh seorang prajurit menggunakan wadah pengangkut berupa tabung yang ringkas.

Selain kemampuan pengintaian waktu nyata, Karakurt menawarkan fleksibilitas peluncuran yang luwes dan kompatibilitas dengan sistem komunikasi yang ada.

Perannya adalah untuk memberikan peningkatan kewaspadaan situasional di medan perang, yang memungkinkan unit militer untuk membuat keputusan lebih cepat.

Menurut operator yang telah menguji Karakurt, kinerja dan kemampuan manuver drone ini memenuhi kebutuhan sektor pertahanan Rusia saat ini, terutama dalam situasi pertempuran yang sangat menuntut.

Untuk saat ini, belum banyak yang diketahui tentang Karakurt, tetapi setelah umpan balik pengujian dari Ukraina, perusahaan tersebut mungkin akan mengomunikasikan lebih banyak lagi tentang spesifikasi dan performa drone baru ini. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *