Bawa jet tempur F-35B, kapal induk Angkatan Laut Italia ITS Cavour merapat di Tanjung Priok

Kapal induk ITC Cavour Angkatan Laut ItaliaUS Navy

AIRSPACE REVIEW – Dalam rangka mempererat hubungan kerja sama dengan negara sahabat sekaligus sebagai bentuk Naval Diplomacy, kapal induk Angkatan Laut Italia, ITS Cavour (C-550) merapat di Dermaga 300 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali didampingi Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma menghadiri acara Deck Reception di atas kapal perang Italia tersebut pada Minggu (15/9).

Kedatangan Kasal beserta Pejabat Utama Mabesal disambut hangat oleh Duta Besar Italia H.E. Benedetto Latteri, Direktur Persenjataan Angkatan Laut Italia Laksamana Madya Giuseppe Abbamonte, Komandan Gugus Tugas Kapal Induk ITS Cavour Laksamana Muda Giancarlo Ciappina, dan Kapten (N) Francesco Fagnani.

Kasal menyatakan, Deck Reception yang digelar merupakan kesempatan baik untuk berkolaborasi antara kedua angkatan laut dan untuk meningkatkan kemampuan perlindungan dan keamanan maritim.

โ€œKesempatan ini memungkinkan kita untuk bertukar wawasan dan perspektif mengenai perkembangan terkini dalam pertahanan dan teknologi maritim. Pertukaran tersebut sangat penting dalam memastikan bahwa pasukan kita (tetap) siap dan beradaptasi dengan baik dalam lanskap keamanan yang terus berkembang. Kami yakin bahwa Dialog dan interaksi di sini akan berkontribusi pada tujuan kita bersama dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan,โ€ ujar Kasal.

Lebih lanjut Kasal menyatakan akan memperluas kerja sama di bidang latihan bersama, kerja sama operasional, serta pertukaran teknologi dengan Angkatan Laut Italia.

โ€œDengan bekerja sama secara erat, kita dapat mengatasi tantangan maritim yang muncul dan meningkatkan kemampuan kolektif kita untuk menjaga keamanan maritim,โ€ ujarnya.

Kapal perang Italia ITS Cavour (C-550) merupakan kapal induk short take off and vertical landing (STOVL).

Kapal ini merupakan kapal induk utama Panglima Tertinggi Armada Angkatan Laut Italia yang dirancang untuk menggabungkan operasi udara pesawat tempur dan helikopter. Kapal ini dilengkapi dengan armada jet tempur siluman F-35B Lightning II.

ITS Cavour mampu menjalankan empat kemampuan sekaligus, yaitu kemampuan sebagai kapal induk, platform logistik dan amfibi, unit komando dan kontrol, serta kemampuan sebagai kapal rumah sakit. (JDN)

One Reply to “Bawa jet tempur F-35B, kapal induk Angkatan Laut Italia ITS Cavour merapat di Tanjung Priok”

  1. Wah, spesifikasi seperti ini yg cocok u/ NKRI.
    # membeli dengan syarat “alih tekhnollogi’
    ๐Ÿ™๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *