Australia borong kendaraan taktis ringan DAGOR 4X4 dari Polaris senilai 14,6 juta dolar AS

DAGOR 4X4Polaris

AIRSPACE REVIEW – Pemerintah Australia baru-baru ini memberikan kontrak kepada Polaris Australia untuk penyediaan kendaraan taktis ringan serbaguna DAGOR 4X4.

Kontrak bernilai 14,6 juta dolar AS tersebut mencakup kendaraan, aksesori misi, buku petunjuk teknis, suku cadang dan perkakas, pelatihan pengemudi dan teknisi, serta dukungan berkelanjutan di Australia.

DAGOR 4X4 akan dikirimkan ke Angkatan Pertahanan Australia (ADF) dalam beberapa varian untuk mendukung misi gabungan di seluruh dunia.

Produksi kendaraan DAGOR kini sedang berlangsung dan pengiriman akan dilakukan selama dua tahun ke depan.

DAGOR akan melengkapi armada kendaraan Australia yang sudah ada, meliputi dua produk Polaris lainnya MV850 ATV dan Sportsman 6X6 Big Boss.

Kendaraan taktis model terbuka ini akan dikonfigurasi dalam tiga varian berbeda.

Pertama varian transportasi untuk meningkatkan mobilitas taktis dan jarak yang lebih jauh, kedua varian pengintaian ekspedisi dalam kondisi sulit, dan ketiga varian kargo dengan ekstensi bak belakang untuk meningkatkan kapasitas muatan tempur.

Dengan bobotnya yang ringan, DAGOR 4X4 memiliki mobilitas dan manuver yang tinggi di segala medan serta berkemampuan angkut udara yang cepat menggunakan helikopter CH-47 Chinook atau pesawat C-130 Hercules.

Sasis dan suspensi dirancang untuk operasi off-road dengan muatan penuh hingga 1.814 kg.dan menampung empat awak.

Salah satu kelebihan DAGOR adalah menggunakan driveline kendaraan komersial siap pakai (COTS), tersedia banyak di pasaran, mudah untuk perawatan dan ketersediaan suku cadang.

Selain Australia, pasukan sekutu yang juga memiliki platform DAGOR meliputi pasukan Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa negara Eropa. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *