Angkatan Darat Rusia mendapatkan sejumlah tank T-90M Proryv untuk digunakan berperang di Ukraina

T-90M ProryvUralvagonzavod

AIRSPACE REVIEW – Produsen tank Rusia, Uralvagonzavod, mengumumkan pada 7 September 2024, pengiriman sejumlah baru Tank Tempur Utama (MBT) T-90M Proryv ke Angkatan Darat Rusia. Tank ini akan digunakan untuk pengerahan cepat dalam konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

Pengiriman tersebut dilakukan saat militer Rusia mengintensifkan operasinya dan berupaya memperkuat pasukan lapis bajanya di garis depan.

Tank T-90M Proryv yang sebelumnya dipuji oleh Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai tank terbaik di dunia, dilaporkan semakin kuat dengan setiap pengiriman baru.

Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti sistem peperangan elektronik yang dirancang untuk melawan drone dan teknologi bertujuan untuk mengurangi visibilitas kendaraan, tank ini merupakan lompatan teknologi yang signifikan bagi pasukan lapis baja Rusia.

Meskipun mengalami peningkatan teknologi tinggi, tank Proryv dikatakan tetap mempertahankan kemudahan penggunaan tradisional.

Hal itu memungkinkan para prajurit untuk mempelajari dan mengoperasikannya dengan cepat bahkan dalam kondisi paling menantang sekalipun.

T -90M Proryv adalah versi terbaru dari seri T-90 Rusia, yang memiliki berbagai fitur teknis canggih yang menjadikannya salah satu tank paling tangguh di dunia.

Kanon laras halus 125 mm 2A46M-4 yang kuat memungkinkannya untuk menembakkan berbagai amunisi, termasuk peluru kendali, sehingga memberikannya daya tembak unggul dan keserbagunaan di medan perang.

Sistem pengendalian tembakan canggihnya dengan pencitraan termal juga memastikan penargetan yang akurat baik dalam kondisi siang maupun malam.

Salah satu fitur utama yang membedakan T-90M Proryv adalah perlindungannya ditingkatkan.

Dilengkapi dengan lapisan pelindung reaktif eksplosif (ERA) Relikt dan lapisan pelindung pasif tambahan, memberikan pertahanan yang kuat terhadap rudal antitank modern.

Tank ini juga dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik canggih yang menangkal drone dan mengurangi visibilitas radarnya, sehingga membuatnya lebih sulit dideteksi dan menjadi sasaran.

Kemampuan pertahanan ini membuat T-90M Proryv sangat mampu bertahan hidup di lingkungan pertempuran modern.

Uralvagonzavod menekankan bahwa tank-tanknya dibuat dengan mempertimbangkan kemudahan perawatan yang tinggi, sebuah fitur yang telah membuat para pekerja pabrik tersebut mendapatkan rasa terima kasih dari para prajurit Rusia.

Karena fasilitas produksi di Nizhny Tagil beroperasi sepanjang waktu, jumlah tank T-90M Proryv yang mencapai garis depan terus meningkat, sebuah bukti atas kemampuan perusahaan untuk memenuhi tuntutan tinggi dari konflik yang sedang berlangsung.

Ke depannya, para pekerja Uralvagonzavod telah diberi tugas baru yang bertujuan untuk lebih meningkatkan lagi T-90M Proryv, dengan inovasi tambahan dan peningkatan kemampuan tempur yang direncanakan untuk iterasi mendatang.

Pembaruan ini diharapkan akan membuat tank-tank tersebut semakin tangguh di medan perang, sehingga memperkuat upaya Rusia dalam konflik Ukraina. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *