MSPO 2024: Angkatan Laut Polandia akan dilengkapi kapal penyelamat serbaguna Ratownik buatan dalam negeri

RatownikPGZ Stocznia Wojenna

AIRSPACE REVIEW – Di Pameran Industri Pertahanan Internasional MSPO 2024 di Kielce, Polandia, PGZ Stocznia Wojenna memamerkan model kapal penyelamat serbaguna yang dinamai Ratownik.

Program Ratownik yang segera dimulai ini dikembangkan untuk Angkatan Laut Polandia guna menggantikan kapal-kapal tua, seperti ORP Piast dan ORP Lech.

Kapal baru ini dirancang untuk menjalankan berbagai misi, mulai dari menyelamatkan awak kapal selam hingga mendukung operasi bawah air dan memulihkan teknologi militer yang terendam.

Kapal penyelamat Ratownik akan dilengkapi dengan berbagai sistem canggih, termasuk derek, kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV), dan teknologi sonar terbaru.

Desain modular kapal memungkinkannya mudah beradaptasi dan dapat dikonfigurasi untuk berbagai peran. Kapal juga dirancang untuk dapat bekerja dengan sistem tak berawak dan helikopter penyelamat.

Fleksibilitas ini memungkinkan kapal untuk melakukan tugas-tugas seperti penyelaman saturasi, perbaikan bawah air, dan operasi dekontaminasi ancaman kimia atau radiologi.

Selain aplikasi militernya, kapal Ratownik diharapkan memainkan peran penting dalam mendukung sektor energi Polandia yang tengah berkembang, khususnya pengembangan ladang angin lepas pantai di Laut Baltik. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *