Angkatan Darat Iran resmi gunakan tank M60A1 Amerika Serikat berusia lebih dari 45 tahun yang dimodernisasi

Soleiman-402 MBT

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Darat Iran resmi mengoperasikan tank tempur utama (MBT) Soleiman-402, hasil modernisasi tank M60A1 Amerika Serikat. Informasi ini diungkapkan oleh IRNA pada 1 September 2024.

Acara peresmian berlangsung di Pusat Shahid Zarharan Angkatan Darat Iran yang dihadiri oleh Mayor Jenderal Abdul Rahim Mousavi, Panglima Tertinggi Angkatan Darat Iran.

Brigadir Jenderal Heydari, Panglima Angkatan Darat, mengonfirmasi bahwa semua tank M60 dalam inventaris Angkatan Darat Iran akan ditingkatkan ke standar Soleiman-402.

Iran saat ini memiliki armada sekitar 150 tank M60A1 buatan Amerika Serikat, yang diperoleh selama era Shah Iran berkuasa.

Pasca revolusi 1979, upaya untuk modernisasi tank tua ini terhenti karena embargo Barat. Namun Angkatan Darat Iran fokus pada pemeliharaan untuk mendukung kesiapannya.

Seiring berjalannya waktu, industri pertahanan Iran yang berkembang cepat mulai berhasil memodernisasi tank M60 ini. Pengerjaannya dilakukan oleh Pusat Perbaikan dan Modernisasi Peralatan Angkatan Darat Shahid Zarharan.

Modernisasi Soleiman-402 mencakup beberapa peningkatan seperti kinerja dan kemampuan bertahannya di medan perang.

Modifikasi ini menampilkan lapisan baja tambahan baru, elemen perlindungan dinamis, dan sistem komunikasi modern.

Tank juga dilengkapi dengan Explosive Reactive Armor (ERA) di bagian depan turret untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap serangan langsung.

Pelat baja komposit atau batu bata ERA besar juga terlihat di lambung atas dan bawah, yang ditujukan untuk memperkuat pertahanan frontal tank.

Stasiun Senjata Kendali Jarak Jauh (RCWS) baru telah dipasang di menara tank, dilengkapi dengan senapan mesin, sistem penglihatan termal, dan sensor meteorologi.

Komponen-komponen ini dirancang untuk meningkatkan akurasi penargetan dalam berbagai kondisi lingkungan.

Soleiman-402 dilengkapi pula dengan sistem penanggulangan elektro-optik, mirip dengan pengacau Shtora buatan Rusia yang ditemukan pada tank T-72S.

Pengacau ini digunakan untuk mengganggu sistem pemandu rudal yang masuk, menambahkan lapisan pertahanan pada tank.

Fitur tambahan lain dari Soleiman-402 meliputi sensor deteksi radiasi laser, lampu sorot tirai, dan sistem kendali tembakan yang diperbarui untuk meningkatkan kewaspadaan situasionalnya. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *