Belajar dari Perang Rusia-Ukraina, Republik Pridnestrovia Moldavia memperkuat tank T-64-nya dengan sangkar antidrone

T-64Pridnestrovia Moldavia MoD

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Bersenjata Republik Pridnestrovia Moldavia mulai melengkapi tank tempur utama (MBT) T-64 mereka dengan perlindungan antidrone. Hal ini sebagai pelajaran dari konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina.

Kementerian Pertahanan Republik Pridnestrovia Moldavia melaporkan bahwa setelah menganalisis pengalaman pasukan Rusia di Ukraina, diputuskan untuk melengkapi armada tank mereka dengan sistem yang dirancang untuk melindungi dari pesawat tanpa awak bersenjata.

Keputusan ini mencerminkan meningkatnya ancaman drone kamikaze atau amunisi berkeliaran dalam peperangan modern.

Diketahui, Angkatan Darat Republik Pridnestrovia Moldavia saat ini hanya memiliki 17 tank T-64 era Uni Soviet, 12 di antaranya masih beroperasi, sementara lima lainnya sebagai cadangan.

Menariknya, Batalyon tank dari Brigade Senapan Bermotor Pengawal Independen Pertama ditempatkan di desa Vladimirovka, hanya berjarak 4 km dari perbatasan Ukraina.

Selama latihan militer baru-baru ini, Kementerian Pertahanan Republik Pridnestrovia Moldavia memamerkan dua tank yang dilengkapi dengan struktur pelindung yang dikenal sebagai “grill”.

Struktur ini dirancang untuk melindungi bagian atas menara tank dari serangan dari drone kamikaze.

Mengingat terbatasnya jumlah tank di gudang senjata Angkatan Darat Republik Pridnestrovia Moldavia, kemungkinan besar perlindungan ini telah dipasang pada semuanya.

T -64 adalah tank tempur utama yang mulai dirancang akhir 1950-an era Uni Soviet. Mulai diproduksi tahun 1963–1987 sebanyak 13.000 unit. Digunakan secara luas oleh beberapa negara, termasuk Rusia dan Ukraina.

Tank berkanon utama kaliber 125 mm ini dioperasikan oleh tiga awak. Membuatnya istimewa karena memiliki sistem otomasi yang canggih pada masanya, sehingga jumlah awaknya lebih sedikit dibandingkan dengan tank-tank kontemporer lainnya.

Dengan berat hanya 38 ton dan berdimensi panjang 6,54 m, lebar 3,41 m, dan tinggi 2,17 m, T-64 tergolong kompak untuk kelasnya.

Mengenai nama Republik Pridnestrovia Moldavia memang cukup asing di telinga. Republik ini adalah sebuah negara dengan pengakuan terbatas yang memisahkan diri dari Moldova dan terletak di antara Moldova dan Ukraina di Eropa Timur.

Selain oleh Rusia, keberadaan Republik Pridnestrovia Moldavia diakui dua negara lainnya yakni Abkhazia dan Ossetia Selatan–Alania. Uniknya kedua negara ini juga memiliki status pengakuan terbatas. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *