Drone FPV Ukraina berhasil jatuhkan drone pengintai terbaru Rusia ZALA Z-20

Zala Z-20 droneSerhiy Sternenko

AIRSPACE REVIEW – Sebuah video yang memperlihatkan penghancuran pesawat nirawak pengintai milik Rusia jenis ZALA Z-20, telah dirilis baru-baru ini oleh relawan Ukraina Serhiy Sternenko.

Berdasarkan rekaman yang dipublikasikan tersebut terlihat drone FPV Ukraina berhasil menjatuhkan drone intai yang dikembangkan oleh perusahaan ZALA Aero.

Drone ZALA Z-20 ini tergolong baru, mulai diperkenalkan pada tahun 2023. Saat ini sudah aktif digunakan untuk pengintaian posisi pasukan Ukraina.

Perlu dicatat bahwa drone baru ini juga digunakan untuk memandu drone serang Lancet dan bertindak sebagai relai komunikasi.

Menurut informasi resmi dari produsen, ZALA Z-20 dapat terbang sejauh 100 km dan bertahan di udara selama lebih dari 6 jam dalam mode patroli.

Beratnya 18 kg dan dilengkapi dengan kamera HD yang memungkinkannya mendeteksi dan mengidentifikasi target dari jarak jauh.

Sementara drone FPV Ukraina yang digunakan untuk menjatuhkan ZALA Z-20 ini, dilengkapi dengan muatan peledak.

Biasanya drone FPV ini menabrakkan diri kesararan yang menjadi targetnya.

Pasukan Ukraina saat ini memiliki ribuan drone FPV untuk peran kamikaze. Drone ini didapatkan dari sumbangan lembaga penggalangan dana dalam negeri dan dari negara anggota NATO pendukung Ukraina. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *