AS menyatakan jet F-16 Denmark dan Belanda yang dikirimkan ke Ukraina telah mendapat peningkatan kemampuan sistem peperangan elektronik terbaru yang canggih

F-16 Ukraina_ AFPAFP

AIRSPACE REVIEW – Tanpa dipublikasikan sebelumnya, jet tempur F-16 Denmark dan Belanda yang dikirimkan ke Ukraina telah mendapat peningkatan kemampuan perang elektronik (EW) terbaru.

Hal ini dikatakan oleh Wing Perang Spektrum ke-350 Angkatan Udara AS (USAF). Peningkatan dilakukan agar jet-jet tempur tersebut mampu melawan pertahanan udara Rusia

Peningkatan yang dilakukan antara lain dengan melakukan pemrograman ulang subsistem EW di pesawat-pesawat tersebut. Proses pengerjaannya dilakukan oleh Skuadron Perang Elektronik ke-68, yang merupakan pusat keunggulan Perang Elektronik USAF.

Dengan sistem terbaru, pesawat-pesawat itu memiliki peningkatan daya mematikan dan kemampuan bertahan. Sistem ini sebelumnya telah diuji oleh USAF dan mitra strategisnya.

Wing Perang Spektrum ke-350 USAF menerangkan, pengerjaan dilakukan dalam waktu yang sangat ketat mengingat jadwal pengiriman pesawat ke Ukraina. Bagian perangkat lunak pada jet tersebut telah disesuaikan berdasarkan algoritma canggih yang digunakan oleh USAF.

Sebelumnya, pesawat F-16 Denmark dan Belanda tidak memiliki akses ke solusi canggih Amerika. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *