Brigade Veteran Rusia tampak menggunakan MT-LB era Soviet dengan sistem MLRS di palagan Kursk

Istimewa

AIRSPACE REVIEW – Brigade Pengintaian dan Penyerangan “Veteran” dari Korps Relawan Rusia telah mengadaptasi kendaraan lapis baja serbaguna MT-LB era Uni Soviet menjadi platform sistem peluncur roket multilaras (MLRS).

Kendaraan ini terlihat dioperasikan di wilayah Kursk, menargetkan posisi yang dikuasai oleh pasukan Ukraina.

MT-LB yang juga dikenal dengan julukan “motolyga,” awalnya dikembangkan pada tahun 1964 dan diproduksi di Pabrik Traktor Kharkiv.

Kendaraan ini dirancang untuk mengangkut kargo atau personel hingga 11 pasukan dan berfungsi sebagai penarik artileri medan.

MT-LB yang dimodifikasi sebagai MLRS ini dilengkapi dengan sistem roket 9K55 Grad-1, sebuah sistem yang dikembangkan selama Perang Dingin untuk memberikan dukungan tembakan di tingkat resimen.

9K55 dirancang untuk meluncurkan roket tanpa pemandu kaliber 122 mm dari 36 tabung yang disusun dalam empat baris.

Umumnya, Grad-1 dipasangkan pada truk ZIL-13 berpenggerak 6×6.

Dengan mengintegrasikan sistem ini ke sasis MT-LB memungkinkannya untuk beroperasi di area yang sulit diakses kendaraan beroda ban.

Sistem 9K55 Grad-1 dirancang untuk menargetkan kumpulan personel atau peralatan militer dan juga benteng musuh hingga jarak 15 km.

Sistem ini mampu menembakkan berbagai jenis amunisi, termasuk munisi fragmentasi berdaya ledak tinggi, munisi pembakar, dan munisi tandan. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *