Angkatan Udara Australia mulai melatih pilot pertama untuk mengoperasikan drone Loyal Wingman MQ-28A Ghost Bat

MQ-28A Ghost BatBoeing Australia

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara Kerajaan Australia (RAAF) mulai melatih pilot pertamanya untuk mengoperasikan Pesawat Tempur Kolaboratif (CCA) Boeing MQ-28A Ghost Bat.

Wing Commander (Letkol) Phil Parsons, seorang perwira senior RAAF, menjadi pilot non-Boeing pertama yang berpartisipasi dalam program uji terbang MQ-28A tersebut.

Parsons, yang menyelesaikan pelatihannya pada 13 Juni 2024, telah ditunjuk untuk mengawasi peluncuran dan pemulihan MQ-28A dan memantau pesawat saat terbang.

Selain itu, juga mengendalikan pesawat selama lepas landas dan mendarat.

Dilansir oleh Army Recognition (21/8), Parsons sebelumnya memimpin Gugus Tugas Heron, sebuah kontingen Angkatan Pertahanan Australia (ADF).

Pada tahun 2014, Parsons menerima penghargaan karena berhasil menorehkan 25.000 jam terbang dengan drone di Afghanistan.

Ghost Bat akan dikerahkan bersama pesawat berawak, seperti pesawat E-7A, F-35A, atau F/A-18F, dengan awak yang menugaskannya untuk melakukan misi seperti intelijen, pengawasan, dan pengintaian.

Integrasi ke dalam formasi udara pesawat berawak ini mewujudkan konsep Loyal Wingman dari MQ-28A.

Pesawat nirawak otonom ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk melaksanakan tugas-tugas rumit seperti pengintaian, peperangan elektronik, atau bahkan serangan udara, sambil tetap berada di bawah pengawasan pesawat (berawak) utama.

Peran mereka adalah untuk membebaskan pilot manusia dari tugas-tugas yang berbahaya, meningkatkan kemampuan tempur formasi, dan berpotensi berfungsi sebagai perisai atau umpan untuk melindungi pesawat berawak.

Konsep ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengintegrasikan teknologi otonom canggih ke dalam angkatan udara modern, meningkatkan efisiensi operasional sekaligus mengurangi risiko bagi pilot manusia.

MQ-28A ini dikembangkan oleh Boeing Australia bekerja sama dengan Angkatan Udara Kerajaan Australia yang proyeknya diumumkan pada tahun 2019.

Ghost Bat melakukan uji terbang pertamanya pada bulan Februari 2021. Pesawat diproduksi dari fasilitas Boeing Fishermans Bend di Victoria, Australia. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *