Oshkosh Defense mendapatkan kontrak besar senilai 1,54 miliar dolar AS untuk memasok FHTV ke Angkatan Darat AS

FHTVOshkosh Defense

AIRSPACE REVIEW – Baru-baru ini Oshkosh Defense, LLC telah dipilih untuk mendapatkan kontrak lima tahun senilai 1,54 miliar dolar AS oleh US Army Contracting Command-Detroit Arsenal (ACC-DTA).

Kontrak ini merupakan bagian dari program FHTV V (Family of Heavy Tactical Vehicles – 5), mewajibkan Oshkosh Defense untuk menyediakan kendaraan taktis berat baru dan yang telah diperbarui serta trailer terkait hingga tahun 2031.

Kontrak tersebut juga mencakup peningkatan armada FHTV, memperkenalkan teknologi baru seperti drive-by-wire, Condition-Based Maintenance (CBM), elektrifikasi, dan peningkatan daya ekspor serta efisiensi energi.

Program FHTV V ini mencakup beberapa kendaraan utama yang disesuaikan dengan kebutuhan medan perang dan operasi logistik modern. Setiap kendaraan memiliki spesifikasi unik yang disesuaikan dengan fungsi spesifiknya.

Kendaraan tersebut adalah Heavy Expanded Mobility Tactical Truck (HEMTT A4), Palletized Load System (PLS A1), PLS Trailer, dan Heavy Equipment Transporter (HET A1).

HEMTT A4 8X8 dirancang untuk menawarkan kapasitas angkut logistik yang tinggi, yang mampu mengangkut hingga 13 ton muatan. Kendaraan ini didukung oleh mesin diesel turbocharged yang menghasilkan 500 ps, memastikan kinerja yang andal bahkan dalam kondisi ekstrem.

PLS A1 memfasilitasi pengangkutan dan penanganan muatan yang cepat berkat sistem bongkar muat otomatisnya. Kendaraan ini dapat mengangkut berbagai macam material, termasuk kontainer dan palet standar, sehingga sangat diperlukan untuk operasi logistik yang efisien.

Trailer PLS melengkapi sistem muatan palet dengan menyediakan kapasitas angkut tambahan tanpa memerlukan kendaraan operator penuh. Trailer ini dirancang untuk langsung dikaitkan ke PLS A1, sehingga secara signifikan meningkatkan efisiensi pengangkutan muatan berat dan besar dalam jarak jauh.

HET A1 khusus digunakan untuk mengangkut kendaraan lapis baja dan peralatan berat lainnya. Dengan kapasitas penarik yang luar biasa, traktor ini dapat menangani beban hingga 70 ton.

Pat Williams, Direktur Program di Oshkosh Defense, menyatakan bahwa kolaborasi berkelanjutan dengan Angkatan Darat AS ini akan menghasilkan kendaraan berperforma tinggi yang menggabungkan teknologi dan fitur keselamatan terkini.

Sebelumnya, pada bulan Juni 2024, Oshkosh telah menerima perpanjangan kontrak berdasarkan FHTV IV, yang mencakup pesanan senilai 231,9 juta dolar AS untuk truk, peralatan, dan instalasi peralatan yang dimodernisasi.

Sementara untuk pembelian berdasarkan kontrak FHTV V akan dimulai pada bulan Agustus 2024 ini.(RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *