Intip tiga proyek besar pembaruan armada Angkatan Laut Argentina

ModernisaIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Saat ini Comando de Aviación Naval (COAN) alias Komando Penerbangan Angkatan Laut Argentina memiliki beberapa proyek besar untuk memperkuat armada pesawat terbang miliknya.

Yang pertama kali akan terealisasi adalah pengiriman tiga pesawat pertama bekas Norwegia, Lockheed P-3C Orion.

Pesawat antikapal selam dan pengintaian maritim tersebut saat ini sedang dalam pengerjaan ulang dengan perusahaan Rockland di Starke AS dan diharapkan akan dikirim pertama pada bulan September 2024.

Subjek lain yang kembali dibahas adalah revisi dan upaya untuk mengoperasikan kembali jet tempur Dassault Super Etendard Modernisé (SEM).

Angkatan Laut Argentina menghadapi beberapa masalah teknis, terutama dengan kursi lontar. Dua di antaranya kini sedang diperiksa oleh Martin-Baker Inggris.

Tujuannya guna memungkinkan satu atau lebih uji terbang dengan salah satu SEM.

Terakhir, ada kebutuhan untuk delapan helikopter berbasis kapal perang untuk menggantikan AS555AN yang sudah mencapai akhir masa pakainya. Hanya satu atau dua yang masih beroperasi sekarang.

Calon helikopter baru sebagai pengganti AS555AN ini adalah AW109M dari Leonardo Italia dan AS365N3 Dauphin bekas dari Airbus Helicopters.

Helikopter harus mampu beroperasi dari kapal patroli, korvet, maupun kapal perusak di mana dua dari delapan helikopter tersebut harus memiliki kemampuan Over Trans Horizontal Targeting (OTHT).

Namun belum ada jadwal yang jelas kapan helikopter baru ini akan mulai berdinas. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *