Forum Army-2024: Rusia memperkenalkan Karakal UGV untuk menyebarkan tabir asap

Karakal UGVIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Korporasi perusahaan negara Rusia, Rostec, memperkenalkan kendaraan darat nirawak (UGV) Karakal, sebuah pengembangan baru dalam sektor robotika militer Rusia.

Platform robotik kelas ringan ini dikembangkan oleh Kurganmashzavod, anak perusahaan induk High-Precision Systems di bawah naungan Rostec.

Karakal dirancang untuk menjalankan berbagai tugas dalam berbagai lingkungan operasional. Memiliki desain yang ringkas dan dan dapat bermanuver lincah.

Sistem ini mencakup beberapa kamera, pencitra termal, sistem navigasi, dan pemancar radio kedap suara, yang menyediakan jangkauan operasional hingga 150 km, dengan kapasitas muatan hingga 500 kg.

Robot ini dapat dikendalikan dari jarak hingga 2 km menggunakan sistem kendali jarak jauh RTK-L. Dapat beroperasi dalam kondisi malam hari, sehingga memperluas potensi aplikasinya.

Karakal UGV dilengkapi dengan empat peluncur granat yang mampu menyebarkan tabir asap aerosol.

Aset militer khusus ini ditugaskan dengan tanggung jawab utama untuk menyembunyikan pergerakan infanteri dan tank tempur.

Pasukan Rusia sendiri beberapa kali terlihat menggunakan robot darat penyebar kabut asap yang tak diketahui jenisnya dalam pertempuran di wilayah Rusia. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *