Forum Army-2024: Rusia mengungkap kapal selam serang Amur 950 baru, dibekali dengan 10 sistem peluncur vertikal rudal BrahMos

Kapal Selam RusiaRubin

AIRSPACE REVIEW – Biro Desain Pusat Rubin Rusia memamerkan model kapal selam serang Amur 950 di pameran pertahanan Forum Army-2024 yang diselenggarakan di Kubinka, Wilayah Moskow, pada 12-14 Agustus.

Acara ini menandai peluncuran publik pertama Amur 950, versi ekspor dari Proyek 677, yang juga dikenal sebagai kapal selam kelas Lada.

Kapal selam ini dinamai berdasarkan Sungai Amur, dipromosikan sebagai versi modern dari kapal selam kelas Kilo yang dilengkapi fitur siluman akustik yang lebih baik, sistem tempur canggih, dan opsi propulsi udara independen (AIP).

Dideskripsikan oleh Rubin Central Design Bureau sebagai “baterai apung angkatan laut” Amur 950 dirancang untuk memberikan serangan pendahuluan terhadap kapal musuh dan infrastruktur pesisir.

Kapal ini menawarkan tingkat kebisingannya yang rendah dan sistem hidroakustik canggih, meningkatkan kesesuaiannya untuk pengintaian dan pengawasan rahasia.

Kapal selam ini dapat beroperasi secara mandiri hingga 30 hari dan mencapai kecepatan bawah air maksimum 20 knot, yang memungkinkannya beroperasi dalam jarak 1.000 mil dari pantai.

Untuk spesifikasinya, Amur 950 memiliki bobot sekitar 1.000 ton, panjang 58,8 m, lebar 5,65 m, dan tinggi 6,4 m. Jumlah awaknya hanya 19 orang, mencerminkan otomatisasi dalam sistemnya.

Persenjataan kapal selam tersebut mencakup empat tabung torpedo 533 mm dengan total kapasitas amunisi 16 unit, yang terdiri dari torpedo, rudal, atau ranjau.

Amur 950 dilengkapi pula dengan sepuluh sistem peluncur vertikal (VLS), mampu menembakkan salvo ke beberapa target yang telah ditentukan sebelumnya.

Desain Amur 950 dimaksudkan agar hemat biaya dan efisien secara operasional sambil mempertahankan tingkat kemampuan tempur yang signifikan.

Kapal selam ini Dirancang untuk beroperasi di berbagai lingkungan. Mulai dari perairan pantai dangkal hingga zona laut dalam. Kapal dapat beroperasi dalam berbagai kondisi cuaca, kecuali wilayah dengan lapisan es padat.

Sistem sonar kapal selam dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan deteksi target, sementara fitur silumannya dirancang agar sesuai untuk operasi rahasia. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *