TNI AU siagakan Su-27/30 untuk menjaga IKN, Kasau: Apabila ada penerbangan gelap, kita akan kerahkan jet tempur dari Makassar

Su-30MK2 membawa persenjataanTNI AU

AIRSPACE REVIEW – Banyak netizen bertanya mengapa jet tempur Su-27/30 TNI Angkatan Udara tidak diikutsertakan dalam upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada 17 Agustus mendatang.

Padahal, kata warganet, jarak dari Makassar sebagai homebase Su-27/30 ke Kalimantan Timur cukup dekat.

Seperti diberitakan sebelumnya, TNI AU mengerahkan 10 jet tempur F-16 dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 yang bermarkas di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur ke Lanud Dhomber di Balikpapan.

Pesawat tempur F-16 akan melakukan flypast dan manuver bomb burst dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di Pulau Kalimantan dengan dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo.

Selain F-16, TNI AU juga mengerahkan delapan pesawat KT-1B Woongbi yang tergabung dalam tim aerobatik The Jupiters (Jupiter Aerobatic Team/JAT). Tim ini akan menampilkan lima manuver pada HUT ke-79 RI di IKN.

Kembali ke pertanyaan awal mengapa jet tempur Sukhoi tidak diikutsertakan dalam atraksi udara HUT ke-79 RI di IKN?

Jauh-jauh hari Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono telah menyatakan bahwa armada Su-27/30 disiagakan untuk menjaga IKN.

Orang nomor satu di TNI AU itu menegaskan kesiapan tempur dan armada TNI AU untuk mengawal wilayah udara IKN.

Ia memastikan jajarannya siap menghalau setiap potensi ancaman di ruang udara IKN di Kalimantan Timur dengan pesawat tempur kelas berat tersebut.

“Apabila ada penerbangan gelap yang mengharuskan Angkatan Udara menindak atau mengintersep, maka kita akan berangkatkan pesawat dari Makassar, ada pesawat Sukhoi di sana,” ujar Kasau di Akademi Angkatan Udara (AAU), Yogyakarta menjawab pertanyaan wartawan pada 29 Juli lalu di sela peringatan Hari Bakti TNI AU.

Ia menambahkan, wilayah udara IKN diawasi oleh Komando Sektor II TNI AU yang berkedudukan di Makassar.

So, terjawab sudah mengapa jet tempur Su-27 tidak diikutsertakan dalam flypast HUT RI ke-79 di IKN.

Meski demikian, warganet tetap ‘ngeyel’ kenapa Su-27/30 tidak diikutsertakan dalam flypast di atas IKN. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *