Memberikan informasi kepada pasukan Ukraina, drone RQ-4 Global Hawk AS terlihat mengudara di dekat pantai Krimea

RQ-4B Global HawkUSAF

AIRSPACE REVIEW – Drone RQ-4 Global Hawk AS yang diidentifikasi dengan tanda panggilan FORTE 13 telah terdeteksi sekali lagi di wilayah udara dekat wilayah Kaliningrad, Rusia.

Informasi tersebut dipublikasikan pada 31 Juli 2024 oleh portal Rusia, Top War.

Disebutkan, drone intai strategis tersebut digunakan untuk mengumpulkan dan menyampaikan data intelijen kepada pasukan Ukraina.

Mengutip sumber-sumber Rusia, laporan itu mencatat bahwa tak lama setelah pesawat tak berawak RQ-4 Global Hawk AS terlihat di lepas pantai Krimea, Angkatan Bersenjata Ukraina melancarkan serangan rudal yang menargetkan fasilitas Rusia.

AS sebagai pendukung utama Ukraina dalam perang melawan Rusia, telah menggunakan pesawat nirawak untuk memberikan informasi militer penting kepada Angkatan Bersenjata Ukraina.

Drone canggih tersebut menyediakan data waktu nyata dan kewaspadaan situasional. Teknologi ini memungkinkan pasukan Ukraina untuk memantau pergerakan musuh, merencanakan operasi strategis dan menanggapi ancaman dengan cepat.

RQ-4 yang dikembangkan oleh Northrop Grumman dirancang untuk misi intelijen, pengawasan, dan pengintaian (ISR) di ketinggian tinggi dan terbang dengan daya tahan lama.

Pesawat dapat beroperasi pada ketinggian hingga 60.000 kaki (sekitar 18.288 m), jauh lebih tinggi daripada lalu lintas udara komersial dan sebagian besar gangguan cuaca.

Ketinggian operasional yang tinggi ini memungkinkannya untuk melakukan misi pengawasan yang luas dengan risiko deteksi atau intersepsi yang minimal oleh ancaman berbasis darat.

RQ-4 memiliki jangkauan operasional sekitar 12.300 mil laut (22.780 km), memungkinkannya untuk mencakup wilayah yang luas dan memberikan intelijen waktu nyata dari jarak jauh.

Salah satu fitur menonjol dari RQ-4 adalah daya tahannya yang mengesankan, mampu terbang selama lebih dari 30 jam terus-menerus.

Kemampuan terbang yang lama ini memastikan operasi pengawasan berkelanjutan tanpa perlu sering kembali ke pangkalan untuk mengisi bahan bakar, sehingga sangat berharga untuk pemantauan berkelanjutan dan pengumpulan intelijen.

RQ-4 dilengkapi dengan rangkaian sensor canggih yang mencakup radar apertur sintetis (SAR), sensor elektro-optik/inframerah (EO/IR), dan muatan intelijen sinyal (SIGINT).

Sensor-sensor ini memungkinkan RQ-4 untuk menangkap citra beresolusi tinggi, mendeteksi dan melacak target yang bergerak, dan mengumpulkan intelijen sinyal elektronik.

Data yang dikumpulkan dapat mencakup gambar visual terperinci, gambar termal, dan data radar, semuanya penting untuk perencanaan strategis dan pengambilan keputusan operasional yang tepat dan cepat. -RBS-

3 Replies to “Memberikan informasi kepada pasukan Ukraina, drone RQ-4 Global Hawk AS terlihat mengudara di dekat pantai Krimea”

  1. Seharusnya Rusia menindaklanjutinya dengan mengerahkan MiG-31 (4 × R-33E) ke titik lokasi keberadaan RQ-4 terbang bebas muter-muter

  2. Kesalahan kecil akan menjadikan alasan buat dua negara adikuasa saling bertikai dan kemungkinan perang besar.

  3. Soon to die, old age makes the world chaotic, with double standards towards the Israeli Genocide case.
    Seharus nya Biden tua itu segara di rudal mati saja, udah selesai semua ke kacauan di dunia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *