Peluang menang terbuka lebar, Embraer tawarkan C-390 Millenium sebagai pengganti C-130H Hercules Angkatan Udara Swedia

Gripen dan C-390 MillenniumIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Swedia telah memberi tahu pihak industri bahwa keputusan akuisisi pesawat angkut baru untuk menggantikan Lockheed Martin C-130H Hercules yang sudah tua akan dibuat pada akhir 2024 ini.

Informasi ini diungkapkan oleh Bosco da Costa, Presiden dan CEO Embraer Defense di pameran kedirgantaraan internasional FIA 2024 Inggris yang baru saja berlalu.

Pabrikan pesawat Embraer dari Brasil menawarkan C-390 Millennium, pesawat angkut militer yang sedang naik daun di Eropa akhir-akhir ini.

Pesawat ini telah dimiliki oleh Portugal, dan akan segera menyusul Austria, Belanda, Republik Ceko serta Hungaria.

Awalnya, AU Swedia ingin mengganti C-130H miliknya dengan model C-130J Super Hercules bekas. Namun upaya ini tak berhasil karena gagal memenuhi persyaratan, Breaking Defense mewartakan pada 22 Juli.
.
Da Costa mengatakan bahwa Embraer telah berbagi banyak informasi tentang C-390 Millenium dengan Swedia, sebelum pengadaan mencapai tahap seleksi.

Da Costa juga menambahkan bila hubungan pertahanan strategis yang kuat antara Swedia dan Brasil saat ini, terutama atas pesanan sebanyak 36 jet tempur multiperan Saab Gripen E/F dari Swedia untuk AU Brasil.

Kerja sama erat pertahanan Brasil dan Swedia ini membuat peluang Embraer makin kuat, apalagi performa C-390 Millenium lebih unggul dibandingkan dengan C-130J Super Hercules.

C390 Millenium dilengkapi dengan dua mesin turbofan IAE V2500-E5, yang masing-masing menghasilkan daya dorong lepas landas sebesar 31.330 lb.

Pesawat dapat mencapai kecepatan jelajah maksimum 0,80.Mach dan beroperasi pada ketinggian 36.000 kaki.

Pesawat berbadan tambun ini menawarkan jangkauan 3.370 mil laut untuk misi feri, yang dapat mencapai 4.570 mil laut dengan tangki internal tambahan. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *