Rusia merayakan Hari Angkatan Laut dengan parade Angkatan Laut Utama di Sungai Neva di St. Petersburg –China, India, dan Aljazair mengirimkan kapalnya untuk ikut berparade

Presiden Putin menghadiri Hari Angkatan Laut Rusia di Sungai Neva St PetersburgKremlin

AIRSPACE REVIEW – Rusia merayakan Hari Angkatan Laut dengan menggelar parade Angkatan Laut Utama di Sungai Neva yang berada di St. Petersburg. Parade dilaksanakan pada Minggu, 28 Juli 2024, melibatkan kapal perang permukaan, kapal selam, serta kapal layar.

Presiden Rusia yang juga Panglima Tertinggi Vladimir Putin menghadiri parade ini dan menyampaikan pidatonya dengan mengucapkan selamat kepada para pelaut Angkatan Laut Rusia.

Tradisi mengadakan Parade Angkatan Laut Utama di St. Petersburg dilaksanakan untuk menghormati kemenangan gemilang Angkatan Laut Rusia yang memberikan kontribusi besar dalam membela Tanah Air mereka pada tahun 2017.

Keputusan untuk penyelengaraan parade ini setiap tahun ditandatangani oleh Presiden Putin pada 30 Juli 2017.

Tahun ini, Parade Angkatan Laut Utama Rusia di Sungai Neva melibatkan 20 kapal perang permukaan, satu kapal selam, dan empat kapal layar.

Sekelompok kapal anti-penyabotase membuka Parade Angkatan Laut Utama. Kapal Nakhimovets dan Yunarmeyets Tatarstana berlayar di sepanjang Sungai Neva, diikuti kapal serbu amfibi Proyek 11770 Alexei Barinov yang membawa replika botik (perahu) Tsar Peter Agung.

Kapal perang Rusia yang ikut serta dalam parade ini juga termasuk kapal penyapu ranjau pantai Project 12700 Alexander Obukhov, korvet rudal Project 21631 Grad, Naro-Fominsk, Grad Sviyazhsk, dan Serpukhov.

Selanjutnya adalah korvet rudal kelas Project 22800 Karakurt Odintsovo, korvet rudal Project 20380 Boiky, kapal patroli pemecah es Project 23550 Ivan Papanin, dan kapal selam diesel-listrik besar kelas Project 636.3 Varshavyanka, Mozhaisk, tulis TASS.

Selain kapal perang Rusia, kapal dari angkatan laut negara lain turut berpartisipasi dalam parade di Sungai Neva ini, termasuk kapal pelatihan Angkatan Laut Aljazair Soummam, kapal perusak berpeluru kendali China Jiaozuo, dan fregat Angkatan Laut India Tabar.

Parade ditutup dengan 2.500 prajurit yang berbaris dan berjalan kaki di Lapangan Senat di St. Petersburg. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *