Menyusul Angkatan Bersenjata negara Afrika lainnya, Angkatan Darat Ethiopia borong ratusan Calidus MCAV-20 dari UEA

Calidus MCAV-20Istimewa

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Pertahanan Nasional Ethiopia (ENDF) baru-baru ini menerima ratusan kendaraan tempur lapis baja Calidus MCAV-20 yang disediakan oleh Uni Emirat Arab (UEA).

Pada 20 Juli, beberapa kendaraan MCAV-20 terlihat sedang diiangkut menggunakan kereta api menuju ibu kota Ethiopia, Addis Ababa.

MCAV-20 merupakan salah satu kendaraan lapis baja andalan perusahaan Calidus saat ini selain LRV-20 4×4 dan panser Al Wahash 8×8.

Kendaraan tempur serbaguna berpenggerak 4×4 ini dapat menampung hingga lima prajurit, termasuk pengemudinya.

Kulit lapis bajanya mampu menahan tumbukkan peluru senapan serbu dan pecahan munisi artileri. Kendaraan juga sanggup bertahan dari ledakkan ranjau dan bahan peledak improvisasi (IED).

Sebagai penggeraknya, kendaraan dengan bobot hampir 9 ton ini ditenagai oleh mesin diesel Cummins kapasitas 6.700 cc yang menghasilkan 300 ps.

Kecepatan tertingginya di permukaan jalan datar hingga 110 km/jam dan jangkauan operasinya sejauh 800 km.

Di atap kendaraan, dapat dilengkapi dengan kanon 30 mm, senapan mesin 12,7 mm atau 7,62 mm, dan peluncur granat otomatis 40 mm, sehingga cocok untuk berbagai situasi pertempuran.

MCAV-20 telah menjadi pilihan beberapa Angkatan Bersenjata di Afrika, termasuk Ethiopia, Sudan, Garda Republik Republik Demokratik Kongo, serta pasukan militer Mozambik dan Mauritania. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *