Waduh, Latihan Pitch Black 2024 dihentikan sementara: Eurofighter Typhoon Italia jatuh, pilot selamat

Istimewa

AIRSPACE REVIEW – Pesawat tempur Eurofighter Typhoon Angkatan Udara Italia (Aeronautica Militar/AM) jatuh saat melaksanakan Latihan Pitch Black 2024 yang dilaksanakan di RAAF Base Darwin, Northern Territory, Australia hari ini, 24 Juli 2024.

Belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Typhoon jatuh di wilayah Douglas Daly di Wilayah Utara Australia, di sebelah barat daya Darwin.

AM dalam rilisnya menyatakan, pilot berhasil diselamatkan setelah keluar dari F-2000 (sebutan untuk Eurofighter Typhoon di Angkatan Udara Italia).

“Dia dalam keadaan sehat dan sedang menyelesaikan tes medis di rumah sakit. Tidak ada kerusakan lebih lanjut yang tercatat,” tulis keterangan tersebut.

Media lokal melaporkan, penerbangan untuk Latihan Pitch Black 24 telah dihentikan sementara setelah kecelakaan itu.

Exercise Pitch Black 2024 adalah latihan multinasional dua tahunan yang diselenggarakanoleh Angkatan Udara Australia (RAAF) dengan mengundang angkatan udara dari negara-negara sahabat.

Latihan tahun ini merupakan yang terbesar selama 43 tahun penyelenggaraan Pitch Black sejak tahun 1981.

Exercise Pitch Black 2024 melibatkan lebih 140 pesawat tempur dari 21 negara peserta internasional. Latihan diselenggarakan mulai 12 Juli hingga 2 Agustus 2024.

Keikutsertaan AM dalam Latihan Pitch Black merupakan yang pertama kalinya. Detasemen Campuran Angkatan Udara Italia mengerahkan 400 personel ke Pangkalan RAAF Darwin sejak tanggal 5 Juli 2024.

Tim Angkatan Udara Italia mencakup enam F-35A dan F-35B Lightning II, empat Eurofighter Typhoon, dan satu G550 CAEW (Conformal Airborne Early Warning) dengan didukung oleh pesawat tanker KC-767 dan pesawat angkut C-130J. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *