Boeing memenangkan kontrak besar untuk memasok pesawat E-7 Wedgetail NG ke Angkatan Udara AS

E-7 WedgetailRAAF

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara AS telah mencapai kesepakatan penting dengan Boeing pada 19 Juli, untuk memasok pesawat peringatan dan kontrol udara E-7 Wedgetail NG (generasi berikutnya).

Informasi ini diiumumkan di Royal International Air Tattoo di Inggris, kesepakatan ini merupakan langkah penting dalam memodernisasi kemampuan pengawasan udara AS.

Sekretaris Angkatan Udara AS Frank Kendall mengungkapkan bahwa perjanjian sementara ini mencakup produksi cepat prototipe E-7 Wedgetail NG yang secara bertahap menggantikan pesawat AWACS era Perang Dingin E-3 Sentry yang lebih tua.

Boeing E-7 Wedgetail menawarkan beberapa peningkatan signifikan dibanding pendahulunya, E-3 Sentry, yang juga dikenal sebagai AWACS (Airborne Warning and Control System).

Radar MESA pada E-7 Wedgetail, yang dikembangkan oleh Northrop Grumman, merupakan peningkatan besar atas radar berputar milik E-3 Sentry.

Radar MESA menggunakan teknologi pemindaian elektronik, yang memungkinkannya melacak target secara bersamaan dalam 360 derajat tanpa bagian yang bergerak, meningkatkan keandalan dan mengurangi perawatan.

Radar ini juga menawarkan jangkauan deteksi yang unggul dan kemampuan ditingkatkan untuk melacak target berkecepatan tinggi, sehingga memberikan kesadaran situasional lebih komprehensif dan akurat.

E-7 Wedgetail juga dilengkapi sistem komunikasi modern yang meningkatkan interoperabilitas dengan pasukan militer lain, termasuk unit darat, laut, dan udara.

Sistem ini memungkinkan tautan data yang aman dan tahan gangguan, memastikan bahwa informasi penting dikirimkan dengan andal.

Dengan sepuluh konsol misi, E-7 Wedgetail memungkinkan kru untuk memproses dan menganalisis data secara real time, mengoptimalkan manajemen medan tempur.

Konsol-konsol ini terhubung dengan jaringan internal berkecepatan tinggi, yang memudahkan penanganan informasi yang rumit dan koordinasi operasi.

Sebaliknya, E-3 Sentry memiliki sistem misi yang lebih tua dan kurang terintegrasi dengan kemampuan pemrosesan real-time yang lebih rendah.

E-7 Wedgetail yang didasarkan pada platform Boeing 737-700, menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan jangkauan lebih jauh dibandingkan dengan E-3 Sentry, yang didasarkan pada platform Boeing 707.

Hal ini memungkinkan E-7 Wedgetail untuk mencakup wilayah yang lebih luas tanpa pengisian bahan bakar yang sering, sehingga meningkatkan ketahanan misi dan fleksibilitas operasional. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *