Mabesau akan pindah ke Lanud Dhomber di Balikpapan, persiapan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN dimaksimalkan

Mabesau akan pindah ke Lanud Dhomber di BalikpapanTNI AU

AIRSPACE REVIEW – Menjelang perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus mendatang, TNI Angkatan Udara telah melakukan persiapan-persiapan guna mendukung penuh kegiatan tersebut.

Pada Minggu, 21 Juli 2024, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono bersama Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Isa M. Tonny Harjono melakukan kunjungan kerja ke Lanud Dhomber, Balikpapan, Kalimantan Timur terkait hal itu.

Kedatangan Kasau dan rombongan disambut oleh Komandan Lanud Dhomber Kolonel Pnb David Ali Hamzah dan jajaran serta sejumlah pejabat Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur.

Turut mendampingi Kasau dalam kunjungan kerjanay ini adalah Pangkoopsudnas, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Kapuslaiklambangjaau, Dankopasgat, dan para pejabat utama TNI AU lainnya.

Kasau meninjau langsung kesiapan Lanud Dhomber dalam mendukung perayaan HUT ke-79 RI yang akan dilaksanakan di IKN dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut Kasau juga meninjau kesiapan infrastruktur dan sarana prasarana Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabesau) yang dibangun di Lanud Dhomber, menjelang perpindahan Mabesau ke Provinsi Kalimantan Timur.

Kasau meninjau Mess Pringgondani, Mess Halil, dan Rusun Rajawali yang akan digunakan sebagai tempat tinggal personel Mabesau nantinya.

Kasau juga meninjau Guest House Wiratmo yang akan digunakan sebagai kantor dan kediaman Kasau setelah Mabesau resmi beroperasional di Kalimantan Timur.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo berencana menggelar HUT ke-79 RI di IKN dan juga di Istana Merdeka, Jakarta.

Sementara itu pada April lalu, Komandan Lanud Dhomber menyatakan bahwa sejumlah pesawat TNI AU akan disiapkan di lanud ini untuk memeriahkan HUT RI di IKN.

Kolonel Pnb David Ali Hamzah saat itu menuturkan, akan ada beberapa pesawat yang disiapkan untuk demonstrasi udara tersebut. Di antaranya adalah pesawat tempur, pesawat latih, dan pesawat dari tim aerobatik.

Tak hanya pesawat milik TNI AU, ada juga pesawat dari TNI AD, TNI AL, dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Jumlah total pesawat yang akan disiapkan mencapai 28 unit, masing-masing 22 unit pesawat dari TNI AU, 2 pesawat dari TNI AD, 2 pesawat dari TNI AL, dan 2 pesawat dari Polri.

Atraksi udara akan ditampilkan dalam perayaan HUT RI ini, yang merupakan gabungan dari pesawat-pesawat TNI dan Polri tersebut.

Dikatakan bahwa Lanud Dhomber akan melakukan latihan demo udara tanggal 1 Agustus 2024. Sedangkan pekan kedua Agustus digelar gladi kotor, dan puncaknya pada 17 Agustus 2024.

Pesawat-pesawat tersebut direncanakan mulai berdatangan ke Lanud Dhomber secara bertahap mulai 5 atau 6 Agustus 2024. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *