Boeing mengirimkan lagi dua F-15EX ke USAF nomor 7 dan 8: Kemampuan operasional awal telah dicapai

F-15EX no 7 dan 8 diterima USAF _ Airspace ReviewUSAF

AIRSPACE REVIEW – Boeing pada 12 Juli 2024 kembali mengirimkan dua jet tempur F-15EX ke Angkatan Udara AS (USAF), yaitu pesawat nomor 7 dan 8. Bersamaan dengan hal ini, Panglima Komando Tempur Udara AS menyatakan bahwa kemampuan operasional awal (IOC) F-15EX telah dicapai.

Kedua F-15EX terbaru dikirimkan ke Wing ke-142 (WG ke-142) di Pangkalan Garda Nasional Udara Portland, Oregon.

Pesawat ini akan menggantikan peran pendahulunya, yaitu F-15C Eagle, yang saat ini masih dioperasikan oleh unit tersebut.

Total 18 F-15EX akan dikirimkan ke Wing ke-142. Jumlah ini merupakan bagian dari lebih 100 unit F-15EX yang akan memperkuat USAF.

Wing ke-142 USAF mengemban tugas pertahanan udara dari wilayah Kanada hingga perbatasan California dalam mendukung USNORTHCOM serta NORAD.

Wing ini adalah salah satu dari tiga unit Garda Nasional Udara yang disiapkan untuk mengoperasikan F-15EX. Dua unit lainnya adalah Wing Tempur ke-144 di Pangkalan Garda Nasional Udara Fresno, California, serta Wing Tempur ke-159 di angkalan Garda Nasional Udara New Orleans, Louisiana.

F-15EX Eagle II merupakan varian modern dari F-15 Eagle yang awalnya dikembangkan oleh McDonnell Douglas dan sekarang telah menjadi bagian dari Boeing.

Pesawat dilengkapi fitur avionik canggih, termasuk kokpit digital baru, sistem radar modern, dan sistem peperangan elektronik yang ditingkatkan.

Keunggulan lainnya, F-15EX memiliki kapasitas muatan senjata yang banyak. Pesawat ini mampu membawa amunisi lebih banyak dan lebih besar dibandingkan model F-15 sebelumnya. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *