General Dynamics dapatkan kontrak 323 juta dolar untuk produksi tambahan tank ringan M10 Booker

M10 BookerUS DoD

AIRSPACE REVIEW – Divisi Sistem Pertahanan General Dynamics Corp. (GD) telah mendapatkan kontrak baru senilai 323 juta dolar AS dari Angkatan Darat AS (US Army) melalui Komando Kontrak Angkatan Darat di Detroit Arsenal, MI. Departemen Pertahanan AS mengumumkan hal ini pada 27 Juni 2024.

Kontrak ini ditujukan untuk produksi awal berbiaya rendah (LRIP) tank ringan M10 Booker dan diharapkan akan selesai pada 20 Oktober 2026.

Namun rincian kontrak dan tujuan khususnya masih belum diketahui. US Army kemungkinan bermaksud menguji kendaraan lapis baja baru ini, yang berpotensi menghasilkan pesanan lebih besar di masa mendatang.

Sebelumnya, pada bulan Mei 2024, General Dynamics sendiri telah mengirimkan sejumlah tank M10 Booker pertama ke US Army.

M10 Booker sebelumnya dikenal sebagai MPF (Mobile Protective Firepower) 105 mm Light Tank, dirancang memiliki mobilitas tinggi di segala medan, termasuk wilayah perkotaan.

Tank ringan berbobot 38 ton ini dilengkapi dengan persenjataan berupa kanon 105 mm, senapan mesin koaksial 7,62 mm, dan senapan mesin 12,7 mm.

Perlindungan M10 Booker juga kuat, menawarkan pertahanan terhadap tembakan senjata ringan, serpihan peluru artileri, serta ledakan ranjau dan alat peledak rakitan (IED).

Kendaraan ini dapat mencapai kecepatan maksimum 65 km/jam, dan jangkauan operasi sejauh 305 km.

Untuk operasi tempur, tank dilengkapi dengan sistem kendali penembakan terkomputerisasi, penglihatan panorama, kemampuan penglihatan siang dan malam, yang memungkinkannya mengidentifikasi dan mengatasi ancaman dalam segala kondisi.

Selain itu, M10 Booker dilengkapi juga dengan sistem perlindungan NBC (nuklir, biologi, kimia), yang memastikan kelangsungan hidup empat awaknya di lingkungan yang terkontaminasi. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *