Shenyang mengungkap jet tempur siluman barunya J-31B, lebih besar dibandingkan pendahulunya FC-31

J-31BSAC

AIRSPACE REVIEW – Shenyang Aircraft Corporation (SAC) telah merilis sebuah video yang memperlihatkan jet tempur siluman generasi kelima J-31B yang baru.

Video yang dirilis pada 1Juli 2024 ini memperlihatkan sosok J-31B, yang tampaknya jauh lebih besar daripada model FC-31 asli, yang pertama kali diperkenalkan satu dekade lalu.

Rekaman tersebut memperlihatkan sisi depan pesawat yang ditandai dengan J-31B dan close-up ruang senjata samping yang diberi label “ruang senjata” yang berisi dua rudal.

Video ini memberikan informasi penting tentang desain ruang senjata samping J-31B. Ini menunjukkan bahwa pesawat memiliki kapasitas muatan besar, unggul dalam pengoptimalan struktural, pemanfaatan ruang, dan kinerja mesin.

J-31B dapat membawa setidaknya dua rudal di ruang senjata sampingnya. Dikombinasikan dengan ruang senjata utama di tengah badan yang mirip dengan J-20,

J-31B dapat membawa setidaknya empat rudal udara ke udara jarak menengah PL-12. Ruang senjata utama juga dapat diganti dengan senjata udara ke darat atau rudal antikapal.

Secara eksternal, dalam mode Beast, FC-31B memiliki enam gantungan senjata yang mampu membawa muatan hingga 8.000 kg, termasuk bom dan rudal.

Pesawat ini didukung oleh dua mesin turbofan Klimov RD-93, mesin yang sama yang digunakan pada MiG-29 Rusia, yang menyediakan radius tempur sekitar 1.200 km dengan berat lepas landas 25.400 kg.

Pesawat dapat mencapai kecepatan hingga Mach 1,8 (sekitar 2.200 km/jam) dengan jangkauan maksimum 4.000 km.

Rencananya, versi produksi J-31B akan dilengkapi dengan mesin turbofan buatan lokal Guizhou WS-19 yang lebih kuat.

Berdasarkan riwayatnya, SAC mengembangkan prototipe pesawat tempur multiperan generasi kelima FC-31 Gyrfalcon ini secara pribadi untuk potensi ekspor.

Namun belakangan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) tertarik untuk mengakuisisinya.

FC-31 generasi kedua yang kemudian dikenal sebagai J-31 atau J-35 ini dimaksudkan untuk berbasis kapal induk baru China Type 003 yang dalam taraf penyelesaian pengembangannya. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *