Penampakan pertama, JF-17 Pakistan terlihat dengan senjata nuklir RA’AD di bawah sayapnya

JF-17 PakistanRana Suhaib/Snappers Crew

AIRSPACE REVIEW – Jet tempur JF-17 Thunder, hasil kolaborasi China-Pakistan, telah lama dianggap memiliki peran nuklir. Kini, foto terbaru mengonfirmasi bahwa JF-17 Pakistan dilengkapi dengan rudal nuklir taktis.

Foto ini menunjukkan JF-17 membawa RA’AD, satu-satunya rudal jelajah diluncurkan dari udara (ALCM) berkemampuan nuklir yang dimiliki oleh Pakistan.

Sebelumnya, pesawat yang digunakan oleh Angkatan Udara Pakistan untuk membawa RA’AD ALCM ini adalah jet tempur Mirage III/V. Pertama kali diuji pada tahun 2007, yang dapat menjalankan misi konvensional dan nuklir.

Diketahui, Angkatan Udara Pakistan berencana untuk memensiunkan pesawat Mirage III dan V lamanya. Selanjutnya JF-17 akan menjadi pesawat utama untuk pertahanan udara-berkemampuan nuklirnya.

Untuk performanya, JF-17 Thunder.yang ditenagai oleh mesin turbofan Klimov RD-93 ini dapat mencapai kecepatan tertinggi Mach 1,6 dan dapat terbang setinggi 55.500 kaki.

Jangkauan JF-17 sendiri bergantung pada misi dan muatannya. Dengan muatan tempur penuh, memiliki jangkauan feri sekitar 2.037 km dan radius tempur sekitar 1.352 km.Jangkauan ini dapat ditingkatkan dengan tangki bahan bakar eksternal.

Dilansir oleh Bulgarian Military (2/7), India sebagai musuh bebuyutan Pakistan telah menambah jet tempur Rafale dari Prancis yang dapat membawa rudal nuklir, agar dapat mengimbangi JF-17 Pakistan untuk misi serupa. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *