Rumania mempersiapkan pangkalan udara terdekat berjarak 200 km dengan perbatasan Ukraina untuk menampung F-16 sumbangan negara-negara mitra

Rumania menyiapkan pangkalan udaranya untuk menampung F-16 Ukraina_ Airspace ReviewIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Rumania menyiapkan pangkalan udara miliknya yang berbatasan dekat dengan Ukraina untuk menampung jet tempur f-16 sumbangan negara-negara pendonor.

Rumania telah menyampaikan gagasan tersebut kepada NATO mengingat ancaman dari Timur dan lokasinya dengan dengan Ukraina.

Menteri Pertahanan Rumania Angel Tilvar mengumumkan hal tersebut pada Juni lalu dalam sebuah upacara di Pangkalan Udara Mihail Kogalniceanu, berlokasi kurang dari 200 km dari perbatasan dengan Ukraina.

Pangkalan udara tersebut mampu menampung F/A-18 serta F-16 sejak tahun 1999 ini telah disetujui sebelum operasi militer Rusia di Ukraina digelar pada Februari 2022.

Proyek ini di antaranya adalah pembangunan landasan pacu baru, menara penjaga, dan hanggar tambahan untuk melindungi aset militer. Biaya revitalisasi pangkalan ini mencapai 2,5 miliar euro.

Rumania sendiri saat ini memiliki beberapa program akuisisi persenjtaan yang sedang berlangsung, terutama berfokus pada sistem pertahanan udara jarak pendek senilai 2,1 miliar dolar AS.

Mereka juga menerima dua baterai Patriot tambahan tahun lalu, sehingga kini totalnya menjadi empat unit.

Rumania berpartisipasi dalam pembelian bersama hingga 1.000 rudal Patriot PAC-2 GEM-T sebagai bagian dari inisiatif European Sky Shield. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *