Angkatan Udara Azerbaijan menerima C-27J Spartan NG pertama dari dua yang dipesan dari Italia

C-27J Spartan AzerbaijanNichoConcu

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara dan Pertahanan Udara Azerbaijan telah menerima pesawat angkut militer baru Leonardo C-27J Spartan NG buatan Italia.

Penerimaan pesawat baru ini berlangsung pada 26 Juni 2024, bertepatan dengan Hari Angkatan Bersenjata Azerbaijan yang ke-106 tahun.

Upacara peresmian di Bandara Internasional Heydar Aliyev di Baku dihadiri oleh Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, Menteri Pertahanan Italia Guido Crosetto, Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Italia Edmondo Cirielli, dan Pemimpin perusahaan Leonardo, Stefano Pontecorvo.

Kementerian Pertahanan Azerbaijan menyatakan bahwa C-27J akan digunakan untuk transportasi militer, penerjunan pasukan terjun payung dan kargo, serta melakukan misi medis.

Azerbaijan menjadi negara terbaru yang bergabung dengan keluarga global operator C-27J Spartan, menjadikannya negara ke-17 yang mengoperasikan pesawat pengangkut ini.

Dilansir oleh Scramble Magazine (29/6), jumlah total pesawat C-27J yang dipesan Azerbaijan belum diumumkan secara resmi, namun Laporan Tahunan Terpadu 2023 Leonardo menyebutkan bahwa Azerbaijan telah memesan dua pesawat C-27J.

Selain C-27J yang baru, Angkatan Udara dan Pertahanan Udara Azerbaijan juga mengoperasikan dua pesawat angkut lainnya, yakni jenis kelas berat Il-76 buatan era Uni Soviet. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *