Untuk pertama kalinya, Skadron Zeus Angkatan Udara Brasil melakukan pemadaman kebakaran menggunakan pesawat multiperan KC-390 Millennium

KC-390 melakukan pemadaman kebakaran untuk pertama kalinya_ Airspace ReviewFAB

AIRSPACE REVIEW – Untuik pertama kalinya, Skadron Zeus dari Grup Angkutan Pasukan Pertama (1st GTT), Komando Operasi Dirgantara (COMAE), Angkatan Udara Brasil (FAB) melakukan pemadaman kebakaran di Pantanal, sebuah wilayah bioma fundamental Brasil, menggunakan pesawat tanker multiperan KC-390 Millennium.

Pesawat buatan Embaer, Brasil itu dilengkapi dengan Modular Airborne Fire Fighting System (MAFFS2) yang dapat melepaskan hingga 12.000 liter air dengan presisi tinggi, bahkan dalam kondisi menantang di ketinggian rendah, kecepatan rendah, dan suhu tinggi.

Komandan 1st GTT Letnan Kolonel Penerbang Bruno Americo Pereira dalam pernyataannya mengatakan, pesawat KC-390 secara konsisten mampu menjalankan misi pemadaman api tersebut dengan sangat baik. .

Sistem MAFFS memiliki tabung yang memproyeksikan air melalui pintu kiri belakang pesawat, dan dapat mengalirkan hingga 3.000 galon (sekitar 12.000 liter) air ke area kebakaran.

MAFFS dapat dengan cepat dipasang atau dikeluarkan dari kompartemen kargo pesawat menggunakan trailernya sendiri. Sistem ini hanya memerlukan daya listrik dari pesawat untuk dioperasikan.

Ini adalah elemen yang sangat menguntungkan dalam operasi pemadaman kebakaran, karena memiliki kapasitas untuk membawa air dalam jumlah besar dan penghambat api, selain dapat dipasang dengan cepat pada pesawat apa pun yang kompatibel, karena fitur modularitasnya. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *