Untuk pertama kalinya dalam sejarah, 6 F-22 Raptor akan datang dan mendarat di Bali pada bulan Agustus 2024

F-22 Raptor di Polandia dalam penugasan NATOUSAF

AIRSPACE REVIEW – TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan US Pacific Air Forces (US PACAF) melaksanakan Iron Blade Fighter Interaction Site Survey dan Fighter Logistic Subject Matter Expert Exchange (SMEE) 2024 di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali pada 11-13 Juni 2024.

Site survey dilakukan sebagai persiapan kedatangan enam jet tempur F-22 Raptor dari 27th Fighter Squadron USAF.

Dijadwalkan, pesawat tempur generasi kelima pertama di dunia tersebut akan transit di Indonesia setelah berpartisipasi dalam latihan militer multinasional Pitch Black 24 di Australia pada bulan Agustus mendatang.

F-22 Raptor dijadwalkan melaksanakan Hot Pit Refueling di Bali sebelum melanjutkan perjalanan ke Brunei Darussalam, tulis TNI AU dalam rilisnya.

Kunjungan ini menandai momen bersejarah, karena untuk pertama kalinya pesawat F-22 Raptor , pesawat yang hanya dioperasikan oleh USAF, akan mendarat dan transit di Indonesia.

Selain site survey, kegiatan mencakup Fighter Logistic SMEE melibatkan penerbang dan teknisi dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Para penerbang dan teknisi tersebut akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dari personel US PACAF tentang persiapan expeditionary mission dan rapid deployment di daerah operasi. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *