Pesawat pengintai P-72A Angkatan Udara Italia mencapai 20.000 jam terbang

P-72A_Aeronautica MilitareAeronautica Militare

AIRSPACE REVIEW – Armada pengintai P-72A dari Stormo (skadron) ke-41 Angkatan Udara Italia (Aeronautica Militare/AM) di Pangkalan Udara Sigonella di Sisilia telah mengakumulasikan lebih dari 20.000 jam terbang sejak digunakan pada November 2016 hingga Mei 2024.

Pesawat berbasis ATR 72-600 ini digunakan oleh AM untuk menjalankan fungsi ISTAR (Intelligence, Surveillance, Target Acquisition and Reconnaissance) dan SAR (Search and Rescue) di laut. menggantikan peran Bréguet Br.1150 Atlantic.

Angkatan Bersenjata Italia mengoperasikan empat P-72A dan empat ATR72MP. Tugas utama 41° Stormo de Sigonella adalah memantau jalur laut utama, memerangi perdagangan ilegal dan terorisme internasional, melindungi kehidupan manusia di laut, dan menjamin layanan SAR.

Leonardo-Finmeccanica mengirimkan dua pesawat pertama dari total empat ATR 72MP ke Angkatan Udara Italia pada Desember 2016. Kontraknya ditandatangani pada tahun 2014 termasuk penyediaan layanan dukungan logistik.

Sistem misi pesawat ini menggunakan versi terakhir Airborne Tactical Observation and Surveillance (ATOS) yang dikembangkan Leonardo. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *