Berprofil siluman, ini dia penampakan pertama tank tempur utama duet Jerman-Prancis

Leopard 2A-RC 3.0KNDS

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan patungan Jerman-Prancis KNDS telah meluncurkan tank tempur utama (MBT) masa depan yang disebut sebagai Leopard 2A-RC 3.0. Tank dilengkapi dengan turret tak berawak revolusioner.

Tank canggih ini didasarkan pada sasis tank Leopard 2, namun telah mendapatkan sentuhan desain yang kekinian.

Leopard 2A-RC 3.0 diawaki tiga orang yakni komandan, penembak, dan pengemudi. Mengusung turret tak berawak yang menghilangkan intrusi kubah ke dalam sasis.

Desain inovatif ini menggabungkan sistem penempatan senjata yang revolusioner dan memiliki menara yang sangat datar, meningkatkan profil siluman tank dan mengurangi area sasaran sebesar 30%.

Fitur utamanya mencakup peningkatan perlindungan awak dengan pengaturan awak yang lebih rendah dalam kompartemen kompak.

Turret yang dapat disesuaikan untuk berbagai kanon dengan kaliber berada, dan autoloader modular yang mampu menembakkan tiga peluru dalam sepuluh detik.

Perangkat persenjataan dapat dikonfigurasi untuk pertempuran garis pandang langsung (3DLOS) dan non-garis pandang (NLOS).

Tank dilengkapi dengan rangkaian sensor canggih untuk meningkatkan kesadaran taktis dan situasional, termasuk drone intai dan pengawasan.

Juga dilengkapi sistem kendali misi digital dan sistem kendali tembakan 4D yang memanfaatkan teknologi X-by-Wire (XbW).

Dari segi spesifikasi teknis, Leopard 2A-RC 3.0 memiliki bobot kurang dari 60 ton, tergantung konfigurasinya. Panjangnya 7,95 m, memanjang hingga 11,17 m dengan kanon, lebar 3,77 m, dan tinggi 2,44 m.

Sebagai penggeraknya, ditenagai mesin 1.100 kW (1.500 HP), tank ini mampu mencapai kecepatan melebihi 65 km/jam dengan jangkauan jalan 460 km.

Rangkaian sensor mencakup optronik dan sistem deteksi ganda seperti peringatan laser, deteksi optik, dan deteksi drone, memastikan peningkatan kesadaran situasional dan efektivitas medan perang.

Model tank baru garapan dua pentolan negara Eropa Barat ini, mewakili lompatan maju yang signifikan dalam teknologi kendaraan tempur modern, menggabungkan kinerja yang kuat dengan kemampuan deteksi yang canggih untuk memenuhi tuntutan peperangan modern. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *