Polandia menerima pesawat peringatan dini lintas udara Saab 340 AEW kedua dari Swedia

Saab-AEW-PolandPolish MoD

AIRSPACE REVIEW – Badan Pengadaan Pertahanan Polandia mengumumkan telah menerima pesawat peringatan dini lintas udara Saab 340 AEW yang kedua dari Saab, Swedia.

Pengiriman tersebut menandai selesainya kontrak tahun 2023 antara Polandia dan Swedia untuk dua pesawat bekas Saab 340 AEW guna meningkatkan fungsi peringatan dini dan komando negara itu.

Kontrak senilai sekitar 53,5 juta euro tersebut ditandatangani pada Juli 2023. Pesawat tersebut bukanlah pesawat baru dan akan digunakan hingga sepuluh tahun ke depan.

Selama periode tersebut, Polandia mempersiapkan diri untuk memperoleh pesawat baru dari kelas yang sama nantinya.

Sebelumnya Polandia telah menerima pesawat pertama dari dua Saab 340 AEW pada 29 September 2023 lalu. Penyerahan ini berselang hanya dua bulan setelah Polandia memesan dua pesawat AEW.

Kolaborasi antara Saab dan Angkatan Bersenjata Polandia berkontribusi dalam memfasilitasi pengiriman cepat ini, tulis Saab.

Saab 340 AEW dilengkapi dengan radar Erieye. Sistem menjadi aset bagi Polandia dalam upayanya memperkuat integritas teritorial Polandia dan meningkatkan keamanan nasionalnya.

Polandia baru-baru ini juga menandatangani kontrak dengan Amerika Serikat untuk empat sistem peringatan dini aerostatik.

Sistem tersebut untuk melengkapi kemampuan yang disediakan oleh pesawat Saab 340AEW, yang selanjutnya memperkuat infrastruktur peringatan dini secara keseluruhan di Polandia. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *