Uji penerbangan untuk sertifikasi pesawat SJ-100NEW dimulai di Zhukovsky

SJ-100UAC

AIRSPACE REVIEW – Rusia memulai uji penerbangan untuk sertifikasi prototipe pertama pesawat SJ-100NEW. Uji penerbangan dilaksanakandi lapangan terbang Zhukovsky Flight Test Center.

Sebelumnya, pesawat telah tiba di Zhukovsky dari Komsomolsk-on-Amur untuk menjalani pemeriksaan dan pengujian darat.

Pesawat SJ-100NEW, dengan nomor ekor 97021, lepas landas pada 10 Juni 2024 dipimpin Komandan Uji Penerbangan Vadim Shirokikh dan pilot uji Leonid Chikunov. Ikut serta dalam penerbangan ini personel dari spesialis pusat sertifikasi dan insinyur uji utama.

United Aircraft Corporation (UAC) mengatakan, penerbangan pertama termasuk pengujian sistem bahan bakar domestik baru.

Penerbangan dilaksanakan selama 2,5 jam dengan 15 mode pengujian. Hasil dari pengujian menunjukkan semua sistem bekerja dengan sempurna.

Pesawat SJ-100NEW prototipe pertama ini ditenagai mesin SaM146 buatan Prancis-Rusia. Langkah ini merupakan bagian dari inisiatif yang lebih luas untuk selanjutnya komponen asing akan diganti dengan komponen yang diproduksi di dalam negeri Rusia.

Sebelumnya, spesialis Yakovlev berhasil melakukan uji darat terhadap roda pendaratan, pengoperasian pintu dan palka pesawat, serta memeriksa tampilan kokpit dan mobilitas permukaan kendali pesawat.

Wakil Direktur Jenderal Penerbangan Sipil UAC yang juga Direktur Jenderal Yakovlev PJSC Andrei Boginsky mengatakan, pesawat ini akan melakukan 200 kali penerbangan yang dijadwalkan selesai pada akhir tahun 2025.

Intensitas pengujian penerbangan akan meningkat seiring dengan dua prototipe lagi yang mengikuti uji sertifikasi. Kedua pesawat prototipe ini akan menggunakan mesin PD-8 dalam negeri yang dibuat di Komsomolsk-on-Amur.

Boginsky menambahkan, UAC saat ini telah menandatangani kontrak untuk penyediaan lebih dari 150 pesawat ini, termasuk perjanjian dengan grup Aeroflot dan lebih dari 60 pesanan dari maskapai lain.

SJ-100NEW adalah pesawat jet komersial jarak pendek generasi baru. Pesawat ini diminati di pasar Rusia karena menawarkan kombinasi optimal antara jangkauan, kapasitas, dan kenyamanan.

Pesawat berkapasitas 103 kursi dan mampu menjangkau jarak sejauh 4.320 km. Kapasitas angkut muatan sebanyak 10.860 kg.

Sebelumnya UAC telah memproduksi SJ-100 dan sebanyak sembilan unit telah dioperasikan oleh maskapai di Rusia. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *