Iran mungkin akan mendapatkan drone MQ-9 Reaper AS yang masih utuh melalui Houthi Yaman

MQ-9 ReaperIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Sebuah drone intai serang canggih MQ-9 Reaper Angkatan Udara AS jatuh pada 29 Mei 2024. Menariknya, drone tampak utuh dan hampir tidak mengalami kerusakan.

Beredar viral di jagat maya, beberapa pejuang Houthi berdiri di atas badan pesawat. Peristiwa ini menimbulkan kekhawatiran bahwa drone MQ-9 tersebut mungkin akan diserahkan ke Iran untuk diperiksa.

Diketahui, insiden ini menandai penembakan MQ-9 milik AS keenam. Sebelumnya, setidaknya lima drone AS lainnya telah ditembak jatuh oleh Houthi.

Insiden-insiden ini termasuk MQ-9 ke-5 yang ditembak jatuh 17 Mei 2024 di Provinsi Marib, timur laut Yaman, lalu yang ke-4 pada 25 April 2024, di provinsi Saada.

MQ-9 ke-3 dilaporkan jatuh pada Agustus 2023, lalu yang ke-2 ditembak jatuh pada 7 Juni 2019 oleh rudal permukaan ke udara, serta yang pertama pada 1 November 2017.

Banyaknya MQ-9 yang berhasil dijatuhkan pejuang Houthi, menunjukkan bila sistem senjata pertahanan udara mereka sangat mumpuni.

Dalam insiden terbaru ini menunjukkan bahwa drone MQ-9 melakukan pendaratan darurat, mungkin karena dibajak atau koordinat GPS-nya dipalsukan untuk memaksanya mendarat.

Sementara itu, potensi penyerahan drone MQ-9 ke Iran untuk dipelajari merupakan kekhawatiran tersendiri bagi AS.

Jika hal ini terjadi, Iran dapat memperoleh wawasan mengenai teknologi canggih drone AS, termasuk kemajuan dalam uji coba jarak jauh, kemampuan pengawasan, dan sistem muatan.

Akses ke rangkaian sensor canggih dan jalur komunikasi MQ-9 dapat memungkinkan Iran untuk meningkatkan kemampuan drone buatannya, yang berpotensi mengarah pada perbaikan dalam desain drone dan tindakan antidrone mereka.

Transfer ini juga dapat memberi Iran informasi intelijen tentang cara mempertahankan atau mengganggu operasi drone AS dan sekutunya dengan lebih baik di wilayah tersebut. -RBS-

One Reply to “Iran mungkin akan mendapatkan drone MQ-9 Reaper AS yang masih utuh melalui Houthi Yaman”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *